Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection di WordPress

Jika Anda sudah berkelana di dunia web untuk beberapa lama, Anda pasti sudah pernah melihat error ini beberapa kali. Error Establishing a Database Connection dapat disebabkan oleh berbagai hal. Sebagai pemula WordPress, error ini bisa membuat Anda sangat amat frustasi, terutama ketika ia tiba-tiba muncul sendiri padahal Anda tidak mengotak-atik apapun. Butuh paling tidak 20 menit untuk mendeteksi dan mengatasi masalah sebenarnya. Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan berbagai kemungkinan penyebab dan kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara mengatasi Error Establishing a Database Connection di WordPress.

Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection di WordPress

Catatan: Sebelum Anda mulai membuat perubahan database, pastikan bahwa Anda melakukan backup terlebih dahulu.

Mengapa Anda mendapatkan pesan error ini?
Secara singkat, Anda mendapatkan error ini karena WordPress tidak dapat melakukan koneksi ke database website Anda. Nah, alasan dari mengapa WordPress tidak dapat membangun koneksi tersebut bisa bervariasi. Bisa jadi, informasi login database Anda salah atau sudah berubah. Bisa pula disebabkan karena server database Anda sedang tidak responsif. Atau, barangkali ada file database yang corrupt.

Apakah masalah yang sama terjadi pada wp-admin juga?
Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah mencari tahu apakah error tersebut terjadi baik pada sisi depan website maupun sisi belakang website (wp-admin). Jika ya, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya. Jika tidak, dan wp-admin menerima pesan error seperti “One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired.”, maka Anda perlu melakukan perbaikan database. Perbaikan database dapat dilakukan dengan menambahkan line berikut di file wp-config.php website Anda:
define(‘WP_ALLOW_REPAIR’, true);

Lalu, Anda dapat melihat pengaturannya di:
/wp-admin/maint/repair.php

Yang perlu diingat, pengguna tidak harus dalam keadaan logged in untuk mengakses fungsi ini sesudah pengguna menambahkan line define tersebut. Hal ini dikarenakan tujuan utama dari fungsi ini ialah memperbaiki database yang corrupt, dan sering kali pengguna tidak dapat log in ketika database mengalami corrupt. Jadi, sesudah Anda selesai memperbaiki database, Anda harus menghapus kembali line tersebut dari file wp-config.php.
Apabila metode ini tidak berhasil memperbaiki Error Establishing a Database Connection pada website Anda, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Memeriksa file wp-config
wp-config.php barangkali merupakan file paling penting dari keseluruhan instalasi WordPress Anda. Di sini, pengguna merincikan detail-detail bagi WordPress untuk terhubung ke database. Jika pengguna mengubah password root, atau password database user, maka ia harus mengubah isi file ini juga. Pastikan bahwa segala yang ada di dalam file wp-config.php sama seperti sedia kala dan yang seharusnya.
1 define(‘DB_NAME’, ‘database-name’);
2 define(‘DB_USER’, ‘database-username’);
3 define(‘DB_PASSWORD’, ‘database-password’);
4 define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);
Beberapa pihak menyarankan untuk mengubah value local host dengan alamat IP-nya. Hal ini terutama dapat mengatasi masalah yang terjadi ketika menjalankan WordPress dari lingkungan server lokal. Patut diingat, alamat IP setiap layanan online web hosting berbeda-beda.

Periksa Web Host Anda (MySQL Server)
Error Establishing a Database Connection sering terjadi ketika suatu website diserbu oleh lonjakan traffic pengunjung. Pada dasarnya, server host kesulitan menangani lonjakan traffic tersebut (terutama apabila Anda menggunakan layanan shared hosting) sehingga website menjadi sangat lamban, bahkan beberapa pengunjung dapat menerima pesan error itu. Untuk memastikan apakah hal ini merupakan penyebab dari error di WordPress Anda, cobalah untuk menghubungi penyedia layanan hosting yang Anda gunakan dan tanyakan pada mereka apakah server Anda dalam keadaan aktif dan responsif.

Baca Juga :  Apa itu Domain dan Hosting?

Jika Anda ingin memeriksa sendiri server MySQL Anda, ada beberapa metode yang dapat dicoba. Pertama, coba kunjungi website lain yang menggunakan server yang sama dengan website Anda. Jika website mereka juga memberikan pesan error yang sama, maka bisa dipastikan bahwa ada masalah pada server MySQL tersebut. Jika tidak ada website lain yang menggunakan server itu, Anda cukup mencoba mengakses phpMyAdmin di cPanel Anda. Jika Anda dapat terhubung, kita akan memeriksa apakah akun user database Anda memiliki izin yang cukup.

Buat file baru dengan nama testconnection.php dan masukkan kode berikut :
1 <?php
2 $link = mysql_connect(‘localhost’, ‘root’, ‘password’);
3 if (!$link) {
4 die(‘Could not connect: ‘ . mysql_error());
5 }
6 echo ‘Connected successfully’;
7 mysql_close($link);
8 ?>

Jangan lupa untuk mengubah username dan password di dalam kode tersebut. Jika Anda berhasil terhubung, berarti akun user Anda memiliki izin yang cukup untuk mengakses database, dan ada hal lain yang salah. Kembali ke file wp-config.php dan periksa ulang bahwa isinya benar, tanpa typo.

Bila Anda tidak dapat terhubung ke database via phpMyAdmin, maka ada yang salah dengan server Anda. Tidak cuma karena server MySQL-nya sedang down; bisa jadi, akun user Anda tidak memiliki izin yang cukup untuk mengakses database. Jika ini kasusnya, Anda perlu menghubungi penyedia layanan hosting dan meminta mereka memeriksa serta memperbaiki izin akses akun Anda.

Solusi Lain
Beberapa solusi lain yang bisa Anda coba (pastikan Anda memiliki file backup yang up-to-date sebelum mencoba beberapa metode berikut) :
1. Jika setelah memperbaiki database Error Establishing a Database Connection masih tidak mau hilang, mungkin ada masalah di URL situs Anda. Jalankan query SQL berikut di phpMyAdmin:
UPDATE wp_options SET option_value=’YOUR_SITE_URL’ WHERE option_name=’siteurl’
Jangan lupa mengubah ‘YOUR_SITE_URL’ dengan URL situs Anda.
Isi wp-options akan berubah bila Anda mengubah bentuk default dari prefix database WordPress Anda.
2. Jika Anda berhasil terhubung ke database via testconnection.php, Anda bisa mencoba mengubah user wp-config.php ke root user, kemudian mengembalikan pengaturan-pengaturan kembali ke database-user. Hal ini bisa menjadi solusi bila error disebabkan karena typo yang terlewat dari pemeriksaan Anda.
3. Bila error masih tidak mau menyingkir, Anda bisa mencoba menghapus isi active_plugins di tabel wp_options dan menyunting isi recently_edited. Cara ini berhasil mengatasi error beberapa pengguna.
4. Terakhir, beberapa pengguna melaporkan bahwa meng-upload file-file fresh copy WordPress dapat mengatasi masalah.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part