Tips & Trik

Cara Mengatasi Android Lupa Kata Sandi Tanpa Factory Reset

Zaman sekarang, menemukan smartphone Android yang dilindungi oleh kata sandi memang bukan menjadi hal yang baru. Terkadang sebagian pengguna menambahkan kata sandi, baik berupa pola, password angka atau huruf, sidik jari, dan lainnya, untuk melindungi data-data penting di dalamnya. Namun, kesalahan fatal bisa saja terjadi jika mereka melupakan kata sandi tersebut karena smartphone tidak bisa diakses lagi. Oleh karena itu, kami akan memberitahukan cara mengatasi Android lupa kata sandi tanpa factory rest sehingga memudahkan Anda untuk mengembalikan perangkat seperti semula.

Cara Memasang Kata Sandi di Android
Pada post sebelumnya, kami juga telah memberikan informasi mengenai cara mengatasi iPhone lupa kata sandi yang bisa direset ulang melalui iTunes di PC atau laptop. Tapi, berbeda dengan Android karena saat lupa kata sandi bisa di atasi dengan cara-cara yang sedikit rumit, atau parahnya lagi, perlu dilakukan factory reset yang akan mengembalikan smartphone layaknya baru.

Namun, memasang kunci di smartphone juga ternyata sangat berperan penting saat perangkat hilang, entah itu dicuri atau hilang tidak sengaja. Apabila Anda berpikir bahwa kata sandi di Android tidak begitu penting, maka anggapan itu salah besar. Ya, mungkin pada dasarnya fungsi pengunci di gadget ini hanya sekedar untuk menjaga privasi Android agar tidak bisa di akses oleh orang lain. Padahal, dengan memasang password di smartphone, Anda bisa melindungi data-data penting jika suatu saat ponsel itu hilang atau dicuri.

Sebelum masuk ke pembahasan selanjutnya, ada baiknya Sobat Gaptex mengetahui bagaimana cara memasang kata sandi di Android. Mungkin, Anda yang belum pernah memasang password akan tergugah memasangnya demi menjaga keamanan privasi. Tentu saja cara ini hanya berlaku bagi Anda yang memiliki smartphone Android.

Pertama, mungkin Anda perlu menentukan terlebih dahulu jenis kunci keamanan mana yang paling bagus dan nyaman untuk digunkan nanti. Kemudian, untuk membuat kunci pengaman ialah masuk ke menu Setting atau pengaturan, lalu pilih Kunci layar. Apabila smartphone belum pernah di setting sama sekali, maka klik saja menu kunci layar berikutnya yang akan muncul beberapa pilihan seperti usap, face unlock, wajah dan suara, PIN, kata sandi, atau pola.

Karena kata sandi mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, maka Anda bisa memilih kata kunci keamanan tersebut untuk Android. Lalu apa bedanya pola dan kata sandi padahal keduanya sama-sama memiliki tingkat keamanan yang tinggi? Bedanya pada menu PIN, Anda hanya bisa memasukkan angka saja, sedangkan kata sandi bisa digabungkan antara angka dan huruf.

Cara Mengatasi Android Lupa Kata Sandi
Mengunci smartphone memang menjadi suatu keharusan untuk mengamankan smartphone dari tangan orang-orang yang jahil. Di smartphone berbasis Android, sandi yang tersedia bisa berupa pola, PIN, sensor fingerprint, dan kombinasi angka dan huruf.

Namun sayangnya, entah bagaimana ceritanya, banyak pengguna lupa dengan kata sandi yang sudah dibuatnya sendiri. Akibatnya, perangkat pun jadi tidak bisa di akses. Untuk mengatasi problema ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Menggunakan Android Device Manager
Android Device Manager (ADM) merupakan sebuah fitur yang dibuat oleh Google untuk membantu para pengguna Android dalam melacak keberadaan smartphone mereka. Fitur ini sudah tersedia di hampir seluruh perangkat Android versi 2.2 ke atas, namun hanya dengan Google App terinstalasi. Meskipun terlihat seperti sebuah aplikasi yang sangat berguna, ADM tidak bisa digunakan untuk hal-hal sebagai berikut:
– Mengambil data dari smartphone yang hilang
– Melacak smartphone dalam kondisi tidak aktif
– Mengetahui lokasi smartphone saat sudah direset
– Mengendalikan atau merusak smartphone dari jarak jauh

Lantas apa saja yang bisa dilakukan oleh aplikasi pelacak Android itu? Aplikasi ADM bisa melacak posisi smartphone dengan memanfaatkan kemampuan geolocation yang ada di perangkat Android. kemudian, aplikasi ini dapat membunyikan smartphone Anda meskipun dalam mode silent, menghapus isi smartphone, dan mengunci smartphone sehingga tidak dapat diakses orang lain.

Cara mengatasi Android yang lupa kata sandi pun bisa diatasi dengan Android Device Manager. Anda bisa menggunakan browser di smartphone teman ataupun menggunakan laptop untuk mengakses layanan. Sebelum itu, pastikan Anda masuk dengan akun Google yang sama dan smartphone terhubung dengan internet.

Di dalam aplikasi ADM terdapat tiga pilihan yaitu deringkan, kunci, atau hapus. Kemudian pilih kunci atau lock. Apabila ADM mengalami kesulitan menemukan perangkat, maka klik tombol refresh beberapa kali. Setelah itu, klik tombol kunci atau lock, Anda akan diminta untuk memasukkan password baru yang akan menggantikan password lama. Ketik password baru sebanyak dua kali untuk mengonfirmasi pilihan, lalu klik tombol Lock. Tunggulah beberapa menit, smartphone akan terkunci dengan password baru.

2. Gunakan Fitur Forgot Pattern
Apabila perangkat Anda masih menjalankan versi Android 4.4 KitKat atau lebih rendah, Anda masih bisa memanfaatkan fitur pattern. Setelah lima kali usaha buka kunci gagal, Anda akan melihat pesan yang mengatakan ‘Coba lagi dalam 30 detik’. Dari sini, Anda bisa memilih Forgot Pattern yang berada di bagian bawah layar.
Biasanya akan muncul dua metode yang tersedia yaitu menjawab pertanyaan keamanan atau masuk dengan akun Google Anda. Apabila Anda memilih yang kedua, Google pun akan mengirimkan email dengan pola pembuka kunci atau Anda juga bisa mengubahnya saat itu juga.

3. Gunakan Safe Mode
Seperti yang sudah diketahui, saat ini banyak sekali aplikasi pengaman lockscreen di Android. Sebagian diantaranya memiliki kemampuan yang sangat mengesankan karena dapat merubah sandi sesuai dengan kombinasi jam dan menit, tanggal, sampai status baterai. Tetapi ada kala terserang bug sehingga Anda tidak bisa mengakses lagi ke smartphone Anda.

Apabila permasalahan datang dari aplikasi pihak ketiga, Anda bisa mencoba lakukan boot ke Safe Mode. Caranya sangat beragam karena tergantung dari jenis dan merk smartphone Android. Anda bisa browsing untuk mengetahui kombinasi yang sesuai untuk masuk ke Safe Mode. Setelah berhasil, kunci layar dari aplikasi pihak ketiga sementara akan dinonaktifkan. Di sini, Anda bisa langsung uninstall aplikasi dan kemudian reboot smartphone untuk keluar dari Safe Mode.

4. Manfaatkan Aplikasi Samsung Find My Mobile

Jika cara-cara di atas belum juga berhasil dan kebetulan Anda menggunakan smartphone Samsung, Anda bisa mencoba layanan yang hampir mirip dengan Android Device Manager khusus dari Samsung yaitu Find My Mobile. Caranya yaitu link Find My Mobile dari browser, lalu login ke akun Samsung. Namun, kalau Anda belum pernah mengatur akun Samsung, metode ini tidak akan bekerja dengan baik.

Setelah Anda login ke akun Samsung, lalu klik tombol Lock my screen di panel bagian kiri. Di sini, Anda bisa masukkan PIN yang baru dan setelah itu menekan tombol Lock. Dalam satu atau dua menit, sandi lockscreen perlu diubah ke PIN baru yang Anda masukkan dan digunakan untuk membuka kunci perangkat.

5. Lakukan Factory Reset
Apabila semua cara mengatasi Android yang lupa kata sandi di atas sudah Anda lakukan dan tidak bisa bekerja juga, maka cara terakhir adalah dengan melakukan Factory Reset. Itu artinya Anda harus merelakan semua data yang tersimpan di memori internal. Factory Reset ialah cara membuka HP yang lupa kata sandi atau pola yang paling ampuh.

Untuk proses masuk ke Recovery Mode ini bervariasi tergantung pada jenis dan merek smartphone apapun. Untuk mengetahuinya, Anda tinggal browsing bagaimana cara mereset ulang tipe Android yang dipakai. Namun biasanya dimulai dengan mematikan smartphone dan menyalakannya, saat layar hitam pergi, Anda cukup menekan tombol power dan tahan volume bawah secara bersamaan untuk masuk ke “Recovery mode”. Di sini, gunakan tombol volume untuk menyorot pilihan Wipe Data atau Factory Reset, lalu tekan tombol daya untuk memilihnya. Ketika proses selesai, pilih Reboot system now dan smartphone kamu kembali dalam keadaan baru lagi.