Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop yang Terkunci

Pernahkah Sobat Gaptex sedang mengerjakan tugas penting seperti laporan atau berkas lainnya, namun ketika sedang asyik melakukan aktivitas tersebut tiba-tiba touchpada Anda tak berfungi. Anda pun merasa kesal sehingga menggunakan mouse eksternal untuk menggantinya.

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop yang Terkunci

Meskipun mengganti dengan mouse eksternal memang menjadi tidak masalah apabila Anda sedang berada dirumah, tapi bagaimana jika Anda sedang menggunakan laptop di luar ruangan dan sedang tidak ada mouse eksternal tersebut? Jangan panik dulu mengatakan laptop Anda rusak karena mungkin kursor laptop tidak berfungsi disebabkan oleh Anda sendiri yang tak sengaja menekan sesuatu sehingga mengunci touchpad-nya.

Berikut ini adalah cara mengaktifkan touchpad laptop yang terkunci:
· Masuk ke menu control panel ketika Anda membuka start windows
· Setelah masuk ke menu, maka di dalamnya banyak sekali fitur yang ditampilkan. Silahkan cari menu yang bertuliskan “Hardware and Sound”
· Kemudian, pilih menu yang bertuliskan “Devices and printers”. Tunggu beberapa saat hingga layar menampilkan pilihan menu sepenuhnya.
· Klik “Device Setting” yang terdapat di pojok kanan atas supaya Anda dapat masuk ke pengaturan touchpad Anda.
· Silahkan pilih mengaktifkan touchpad, setelah itu touchpad laptop pun kembali berfungsi.

Jika cara di atas belum berhasil, silahkan Anda mengaktifkan touchpad melalui tombol shortcut atau jajaran tombol paling atas di keyboard. Namun, setiap merk laptop biasanya memiliki cara shortcut yang berbeda. Berikut ini cara mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad pada beberapa merk laptop:
· Laptop Mac menggunakan F2
· Laptop Acer menggunakan F7
· Laptop Toshiba menggunakan F9
· Laptop Asus menggunakan F3 atau F7
· Laptop Dell menggunakan F7
· Laptop Lenovo menggunakan F6

Artikel menarik:  Wariskan Akun Facebook Anda Sebelum Terlambat!

Untuk lebih detailnya tombol mana saja yang digunakan, Sobat Gaptex dapat melihat pada deretan tombol yang memiliki gambar mouse atau touchpad. Pada tombol itulah harus ditekan bersamaan dengan tombol FN. Hal ini dapat terjadi jika kemungkinan Anda dengan tidak sengaja menekan kedua tombol ini sehingga mengakibatkan touchpad jadi tak berfungsi. Apabila cara di atas sudah dilakukan namun touchpad masih tak berfungsi, maka touchpad memang rusak dari dalam sehingga Anda harus membawanya ke tukang service komputer.