Cara Menemukan Merk Powerbank Yang Bagus

Powerbank adalah fenomena sekaligus kebutuhan yang cukup penting di tengah-tengah masyarakat kita yang mobile dengan sifat yang semakin maniak dengan gadget yang harus selalu ada dalam genggaman. Ada ratusan merek Powerbank yang tersedia di pasar Indonesia yang bahkan diperdagangkan oleh tukang asongan atau pedagang musiman di pinggir-pinggir jalan dengan harga yang bersaing ketat. Sebagian cukup murah meriah sehingga merangsang para pembeli untuk segera memborongnya.

Fenomena Powerbank
Faktanya, tak seluruh pengguna gadget membutuhkan Powerbank. Dengan proses charging yang tepat pada gadget yang berkualitas, seharusnya baterai dapat dipergunakan seharian penuh. Alternatif lain adalah dengan baterai cadangan atau baterai dengan high capacity jika baterai original memang secara jelas terbukti memiliki kapasitas yang rendah.

powerbank yang bagus

Salah memilih Powerbank, bukan efektivitas dan kemudahan yang didapat, bisa-bisa justru akan merusak baterai gadget milik kita yang harganya cukup mahal jika harus diganti dengan yang original. Sangat tidak sebanding dengan feedback yang diperoleh dari sebuah Powerbank yang buruk.

Powerbank Abal-Abal
Secara umum, sayangnya, Powerbank yang banyak beredar di Indonesia didominasi oleh jenis abal-abal yang harganya murah meriah (kadang tak masuk akal untuk nilai kapasitas yang teramat besar) dengan warna dan bentuk yang menawan. Tak jarang, di tangan penjual yang tidak bertanggungjawab, Powerbank abal-abal diklaim memiliki mutu dan kualitas yang baik. Di sisi lain, terkadang Powerbank abal-abal pun dijual dengan harga premium sehingga memancing minat pembeli yang berpikir “ada harga, ada mutu”, meski akhirnya yang terjadi adalah kerugian 2 kali beruntun, harga sudah mahal tetapi mutu tidak didapat.

Menggunakan Powerbank abal-abal adalah alamat langsung menuju kerusakan baterai gadget milik Anda. Cepat atau lambat, material yang buruk, kapasitas yang tidak sesuai dan tegangan yang tidak presisi membuat baterai menjadi hamil, kembung, drop sebelum akhirnya rusak total.

Cara paling mudah mengetahui Powerbank abal-abal adalah dengan mencari tahu merek, layanan purnajual, harga dan menimang-nimang benda tersebut di tangan Anda. Kabel charging yang termasuk dalam paket pembelian dapat menjadi indikator paling mudah untuk menentukan apakah sebuah powerbank abal-abal atau berkualitas bagus. Kabel yang ‘lemas’, terlalu ringan dengan bentuk yang tak wajar menandakan buruknya kualitas sebuah powerbank.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Hosting

Merek Powerbank Yang Bagus
Yang paling bagus, tentu saja powerbank yang dikeluarkan secara resmi oleh vendor gadget Anda, misalnya untuk Blackberry maka Powerbanknya juga merek Blackberry. Sayangnya hal tersebut tidak tersedia. Rata-rata Powerbank diproduksi dan dibuat oleh pihak ketiga yang mengklaim produknya kompatibel dengan hampir seluruh merek gadget. Jika ada pun, kebanyakan Powerbank yang tersedia dengan merek yang sama dengan gadget adalah barang China seperti Cross dan lain sebagainya.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada merek Powerbank yang bagus. Berikut 5 merek Powerbank yang cukup baik ditinjau dari perusahaan yang membuat, layanan purnajual dan laporan konsumen yang pernah menggunakannya :

1. Super Power 12001
2. Powerbank Wallet 20000mAh
3. Super Power Mobile SP20001
4. HIPPO Powerbank Snow White
5. Vivan Cenda Powerbank V8

Selain merek, hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan ketika membeli powerbank adalah kapasitas yang bersesuaian dengan kapasitas baterai gadget Anda. Untuk mngeceknya, Anda bisa mencari spesifikasi gadget milik Anda secara online, atau melihatnya langsung di charger dan baterai gadget Anda.

Kesimpulan
Sebagai alternatif pengisian daya, Powerbank tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan cara yang lainnya. Dengan membeli Powerbank yang tepat (bukan abal-abal) dan cara penggunaan yang juga tepat, maka sebuah Powerbank seharusnya memberikan benefit yang jauh lebih besar dibandingkan kerugian yang ditimbulkannya.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part