Cara Mendapatkan Komentar Lebih Banyak di Blog WordPress

Anda ingin mendapatkan lebih banyak komentar di postingan-postingan blog WordPress Anda? Dalam artikel ini, kami akan memberikan 11 cara ampuh untuk itu.

Cara Mendapatkan Komentar Lebih Banyak di Blog WordPress

 

1. Gunakan layanan hosting WordPress yang lebih baik
Komentar memang tampak seperti hal remeh-temeh, tetapi sesungguhnya sangat resource intensive. Setiap kali seorang pengunjung menambahkan komentar di situs WordPress Anda, server menjalankan suatu script PHP. Jika beberapa pengunjung memasukkan komentar secara bersamaan, situs Anda bisa menjadi lambat. Sebagai pemilik dan/atau pengelola situs, Anda wajib memastikan bahwa penyedia layanan hosting WordPress yang digunakan dapat mengatasi hal semacam ini. Jika situs Anda lumayan besar, maka Anda perlu mempertimbangkan layanan hosting yang lebih baik.

2. Gunakan Comment Moderation sebagai ganti CAPTCHA

Cara Mendapatkan Komentar Lebih Banyak di Blog WordPress 1 Menambahkan metode verifikasi CAPTCHA untuk memblokir spam merupakan cara yang sangat efektif untuk mengatasi spam. Akan tetapi, CAPTCHA tidak begitu user-friendly, dan bisa membuat pengguna reguler malas untuk memberikan komentar. Alih-alih menerapkan CAPTCHA, Anda sebaiknya menyalakan Comment Moderation di situs tersebut, memeriksa dan menerima komentar satu demi satu secara manual. Comment moderation tidak hanya memungkinkan blokir spam, tetapi juga meningkatkan interaksi Anda dengan para pengunjung.

3. Mengizinkan pengunjung melakukan subscribe terhadap komentar
Secara default, ketika seorang pengunjung meninggalkan komentar di suatu situs, ia harus mem-bookmark halaman tersebut agar dapat kembali secara cepat demi melihat apakah ada tambahan komentar baru atau tidak. Nah, jika ia lupa mem-bookmark dan tidak dapat mengingat nama blog Anda, maka kemungkinan besar pengunjung itu tidak akan kembali lagi.

Anda bisa mengizinkan pengunjung melakukan subscribe terhadap komentar di postingan WordPress Anda. Dengan demikian, mereka dapat menerima notifikasi setiap kali ada komentar baru. Hal ini akan meningkatkan secara signifikan jumlah kunjungan serta jumlah komentar terhadap situs Anda. Para pengunjung bakal merasa diskusi di situs Anda jauh lebih menarik.

4. Berikan notifikasi kepada pengunjung atas balasan terhadap komentar mereka sendiri
Serupa dengan tips sebelumnya, tetapi khusus untuk komentar pengguna tertentu saja. Ketika seorang pengunjung meninggalkan komentar di situs Anda, mungkin ia ingin mengetahui bila ada balasan terhadapa komentar tersebut. Anda bisa mengaktifkan fitur notifikasi via e-mail untuk perkembangan komentar spesifik tertentu.

Juga, Anda perlu membiasakan untuk membalas komentar-komentar di situs Anda. Hal tersebut akan menciptakan komunitas yang interaktif dan komunikatif di sekitar blog Anda, yang kemudian bakal berimbas pada jumlah kunjungan dan komentar.

5. Tampilkan komentar paling baru di atas
Secara default, WordPress menampilkan komentar terbaru di tempat paling bawah pada daftar komentar. Bila Anda punya banyak komentar di sebuah postingan, maka pengunjung bakal melihat komentar paling lama terlebih dahulu. Hal ini membuat seolah postingan Anda tampak tua dan tidak up-to-date.

Masalah ini dapat diatasi dengan mudah di WordPress. Cukup klik Settings, lalu pilih Discussion. Scroll ke bawah ke bagian Other Comments Settings. Di drop-down menu yang ditampilkan, pilih Newer.

Artikel berhubungan:  Cara Schedule Post di WordPress

Cara Mendapatkan Komentar Lebih Banyak di Blog WordPress 2

 

6. Nyalakan fitur komentar untuk postingan lama
Kebanyakan blogger mematikan fitur komentar di postingan lama untuk menghindari spam. Namun, bisa jadi ada banyak pengguna yang ingin memberikan komentar pada postingan-postingan tersebut. Karena Anda sudah menggunakan Comment Moderation, tidak masalah bila fitur komentar untuk postingan lama dinyalakan. Masih di Settings, lalu pilih Discussion, dan scroll ke Other Comments Settings. Hilangkan tanda centang di tulisan “Automatically close comments on articles older than xx days”.

Cara Mendapatkan Komentar Lebih Banyak di Blog WordPress 3

 

7. Tampilkan komentator top di situs Anda
Cara yang bagus untuk menyemangati dan menghargai pengunjung loyal ialah dengan menampilkan komentator top alias pemberi komentar paling rajin di situs. Hal ini menunjukkan bahwa si pengguna merupakan bagian dari komunitas blog Anda, dan Anda menghargai upaya mereka menghidupkan postingan-postingan Anda melalui komentar berkualitas. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat memasang dan mengaktifkan widget Top Commenters.

8. Tampilkan komentar terbaru
Ketika pengunjung melihat sebuah homepage standar, mereka tidak tahu apa yang sedang terjadi di blog tersebut. Bisa saja, sedang ada debat panas tentang suatu isu, dan si pengunjung mungkin bakal tertarik untuk bergabung. Anda bisa menampilkan komentar terbaru di blog Anda pada homepage dengan menambahkan widget Recent Comments.

9. Izinkan pengunjung untuk menilai dan membagikan komentar
Sistem komentar default di WordPress sangat sederhana, hanya berupa daftar komentar terhadap suatu postingan. Tidak ada aspek sosial dan user engagement seperti layaknya platform diskusi modern. Nah, Anda bisa menambahkan fitur-fitur seperti voting, user awards, dan sharing komentar dengan memasang dan mengaktifkan plugin De:comments.

Cara Mendapatkan Komentar Lebih Banyak di Blog WordPress 4

10. Beritahukan pengguna ketika komentar mereka diterima
Karena Anda mengaktifkan fitur Comment Moderation, ketika seorang pengguna memberikan komentar, WordPress akan memberitahukan bahwa komentarnya sedang menunggu moderasi dari admin. Tetapi, ia tidak akan diberitahukan apabila komentar tersebut telah diterima atau dihapus. Anda bisa meningkatkan jumlah kunjungan dengan cara sederhana, yakni dengan memberikan notifikasi ketika komentar pengunjung diterima. Cukup pasang dan aktifkan plugin Comment Approved, pengunjung secara otomatis akan menerima pemberitahuan ketika komentar mereka diterima dan kemungkinan besar bakal mampir ke blog untuk melihat tampilan komentar tersebut.

Cara Mendapatkan Komentar Lebih Banyak di Blog WordPress 5

11. Membalas komentar pengunjung
Hal ini barangkali merupakan tips yang paling penting. Anda perlu terlibat secara aktif dalam berbagai diskusi di situs Anda sendiri. Hal ini bisa dilakukan secara manual. Kuncinya, rajin.

Anda juga bisa memanfaatkan plugin DX Unanswered Comments untuk menyaring dan menampilkan komentar-komentar yang belum dibalas. Kuncinya sih sama, Anda harus rajin. Dengan terlibat secara aktif, Anda menunjukkan bahwa komunitas blog Anda aktif dan menarik.

Semoga bermanfaat!