Cara Mendaftar Email @pnsmail.go.id Untuk PNS

Selamat tahun baru! Tahun baru berarti aturan baru bagi para PNS (pegawai negri sipil) seluruh Indonesia tanpa terkecuali. Per 1 Januari 2014, seluruh PNS wajib memiliki akun email di alamat @pnsmail.go.id untuk aktivitas kedinasan. Alamat email selain yang resmi tersebut sperti gmail atau yahoo yang selama ini kerap digunakan sudah tidak diperbolehkan lagi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010.

pns mail

Adapun alasan dari aturan ini adalah dalam rangka percepatan reformasi birokrasi dan keamanan data termasuk rahasia negara. Nah, bagi PNS atau kedinasan yang masih bingung membuat email di @pnsmail.go.id, Anda dapat melihat panduannya disini.

1. Masuk ke situs https://www.pnsmail.go.id/main/ kemudian klik daftar sepperti gambar dibawah :

Cara Mendaftar Email @pnsmail.go.id Untuk PNS 1

2. Masukkan seluruh data yang diminta pada form yang disediakan. Data penting yang harus Anda miliki adalah NIP. Dengan demikian layanan ini hanya dapat digunakan oleh PNS yang memiliki NIP dan bukan khalayak umum.
3. Perlu diingat bahwa format email adalah menggunakan nama lengkap : namadepan.namabelakang@pnsmail.go.id. Jika username tidak mencerminkan format tersebut, maka applikasi tidak akan disetujui.
4. Jangan lupa centang pada tulisan “Saya setuju dengan Syarat & Ketentuan dari PNS Mail.” seperti gambar dibawah sebelum melakukan daftar.

Baca Juga :  Apple Bakal Luncurkan iPhone Mini pada Maret 2016

Cara Mendaftar Email pnsmail.go.id Untuk PNS
5. Selesai. Kini Anda sudah memiliki email resmi PNS yang diharuskan pemerintah.

Tak kalah dengan layanan email lainnya, berikut beberapa fitur menarik yang disediakan oleh email PNS resmi :
– Kapasitas penyimpanan 1 GB
– Portal Email untuk email eksternal
– Proteksi spam, virus, dan lain-lain
– Akses PNSMail dari PDA, tablet, dan ponsel melalui https://www.pnsmail.go.id/main/

Mengenai akses email menggunakan protokol POP3 dan SMTP saat ini masih belum diketahui apakah bisa atau tidak karena belum dicantumkan di website resmi tersebut.

Selamat mendaftar!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part