Cara Mencairkan Pendapatan dari Google Adsense

Saat ini, Google Adsense masih menjadi bisnis online yang paling menjanjikan karena sudah terbukti membayar para publishernya dengan baik. Bahkan banyak sekali blogger luar negeri atau dalam negeri yang berhasil meraih ribuan dollar dari internet hanya bermodalkan blog dan bergabung menjadi Publisher. Namun, bagaimana cara mencairkan pendapatan dari Google Adsense? Bagi Anda yang masih pemula, pasti bingung bukan? Maka dari itu, mari simak penjelasan di bawah ini.

Setelah Anda mendaftarkan blog ke Google Adsense, Anda akan secara rutin menerima pundi-pundi dollar berkat iklan yang dipasang oleh Google. Setiap jangka waktu tertentu, uang tersebut bisa Anda cairkan. Tetapi, mungkin Anda masih tidak tahu cara untuk mencairkannya.

Metode Apa Saja yang Tersedia?
Khusus untuk para publisher Indonesia, Google Adsense menyediakan tiga metode pembayaran yaitu Western Union, yang mana dapat Anda mencairkan uang tersebut di kantor pos atau toko-toko yang mempunyai logo Wester Union, lalu ada Check yang artinya Anda akan dikirimkan cek oleh Google dan Anda bisa mencairkannya di bank, dan yang terakhir ialah Wire Transfer.

Dari ketiga metode pembayaran di atas, banyak blogger yang memilih Western Union karena fee (biaya) dikenakan sangat sedikit, bahkan tidak terasa jika dikenakan fee. Jika Anda juga memilih metode Wester Union, maka tidak ada potongan dan sangat cepat di cairkan, apalagi sekarang semakin banyak agen Western Union yang tersebar di Indonesia.

Cara Mencairkan Pendapatan dari Google Adsense Lewat Western Union
Salah satu syarat yaitu pendapatan Adsense Anda sudah memenuhi batas pembayaran minimal $100 atau sekitar Rp 1,3 jutaan. Jika belum, maka Google akan membayarkannya di bulan berikutnya. Nantinya pendapatan Google Adsense Anda akan dbayarkan langsung ke alamat penerima yang sudah di setting di akun Google Adsense. Biasanya Google mengirimkan pendapatan itu pada tanggal 23 setiap bulannya.

Artikel berhubungan:  Tips Memperbaiki Headset Rusak Sebelah

Oleh karena itu, Anda harus sudah mengatur biodata penerima pembayaran di akun Google Adsense Anda dengan langkah-langkah berikut ini:
· Masuk ke akun Google Adsense Anda
· Pilih menu bergambar roda gigi (pengaturan) di sudut kanan atas
· Pada bilah menuh sebelah kiri, pilih “setelan pembayaran”, maka akan tampil halaman untuk mengatur biodata pembayaran
· Anda dapat mengedit metode pembayaran tersebut
· Jika sudah, kembali pada halaman utama akun Google Adsense Anda, dan pilih menu Home atau beranda
· Lalu Anda bisa klik “Lihat Pembayaran” atau “Pembayaran terbaru”. Disini Anda akan melihat status pembayaran
· Kalau pendapatan Anda sudah dibayarkan, klik tulisan tersebut dan Anda akan disuruh mencetak bukti penerimaan pembayaran Google Adsense Anda
· Jangan lupa catat kode MTCN, setelah itu Anda bisa langsung pergi menuju agen Western Union sambil membawa surat cetak pembayaran tersebut
· Biasanya, agen Western Union akan meminta fotocopy KTP dan melihat KTP asli Anda sebelum mencairkan uang.