Cara Menangani Program Hang Windows 7

Aplikasi tentu tidak selamanya berjalan normal. Ada kalanya, program tiba-tiba berhenti bekerja dan tidak merespon perintah apapun dari penggunaanya. Dampak dari mogoknya sebuah aplikasi bisa bermacam-macam. Ada yang hanya memacetkan program itu sendiri, ada yang berdampak pada program turunanya, atau yang lebih parah bisa pula berdampak pada sistem yang tiba-tiba menjadi lambat atau ikut mogok kerja.

Cara Menangani Program Hang Windows 7

Jika sudah mengalami itu, apa yang Anda lakukan? Beberapa dari Anda mungkin ada yang memilih menunggu hingga program kembali normal, atau beberapa mungkin langsung mereset sistem, sebaiknya Anda melakukan langkah berikut untuk menangani program yang hang:

1. Klik kanan pada area kosong yang ada di Taskbar dan pilih Task Manager dari menu konteks yang muncul. Windows menampilkan Task Manager. Atau jika Anda tidak mendapatkannya pada Taskbar, tekanlah Ctrl+Alt+Delete dan kemudian klik tombol Task Manager.
2. Pastikan Anda berada pada tab Application untuk melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan. Pada bagian status Anda akan melihat bagaimana kondisi aplikasi yang sedang berjalan. Jika berjalan dengan baik, Anda akan melihat kata Running dan untuk program yang mogok bekerja akan muncul status Not Responding.
3. Pilihlah program dengan status Not Responding.
4. Setelah itu, klik tombol Switch To untuk mencoba mengakses aplikasi.
5. Jika aplikasi itu masih tidak juga bekerja, kembalilah ke Task Manager dengan mengklik tombolnya pada Taskbar.
6. Pilih nama aplikasi kemudian klik tombol End Task untuk mengakhiri aplikasi tersebut.
7. Jika ini juga tidak direspon, klik kanan nama program yang bandel tersebut, lalu pilih menu Go To Process.
8. Anda akan dibawa ke file exe dari aplikasi tersebut. Klik kanan nama file tersebut lalu pilih menu End Process Tree.
9. Ketika Windows menampilkan kotak dialog End Program, klik tombol End Now. Windows mengakhiri program dan menyegarkan isi memorinya.

Artikel menarik:  Pengertian Brainware