Cara Menampilkan Taskbar yang Hilang di Windows

Salam, sobat Gaptex! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara menampilkan taskbar yang hilang di Windows. Salah satu masalah yang amat sering menimpa para pengguna komputer adalah taskbar beserta ikon-ikonnya yang mendadak menghilang. Kita mungkin jarang memperhatikan keberadaan taskbar. Namun, apabila suatu ketika kita harus mengakses salah satu ikon di taskbar, ia menghilang!

Cara Menampilkan Taskbar yang Hilang di Windows

Terkadang, taskbar bisa menghilang mendadak, tidak mau muncul, entah ketika Anda sedang menggunakan komputer atau bahkan tepat setelah komputer baru dinyalakan. Mungkin hal pertama yang Anda hendak coba lakukan adalah melakukan restart komputer. Solusi ini sering kali bekerja, tetapi amat tidak praktis dan memakan waktu. Jangan khawatir, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menangani persis penyebab dari taskbar yang menghilang.

Penyebab Taskbar Menghilang
Secara umum, ada empat penyebab utama dari mengapa taskbar mendadak menghilang dan tidak bisa diakses:
– Taskbar secara tidak sengaja di-resize dan tersembunyi di bagian bawah layar.
– Di Windows 7 dan Windows Vista, ketika ukuran resolusi tampilan layar baru diubah, taskbar dapat tergeser ke area yang tidak terlihat di bawah layar.
– Taskbar di-set agar secara otomatis disembunyikan saat tidak aktif (fitur auto-hide).
– Proses explorer.exe mengalami crash. Explorer.exe adalah program yang bertanggung jawab atas sebagian besar interface di sistem operasi Windows.

Sekarang, kita akan membahas mengenai cara-cara menampilkan taskbar yang hilang di Windows satu demi satu. Kita akan mulai dari penyebab masalah yang paling mudah ditangani.

Metode 1: Unhide Taskbar

Cara Menampilkan Taskbar yang Hilang di Windows 2 Jika taskbar Anda dalam keadaan hidden, mestinya ia akan muncul bila Anda mengarahkan kursor ke bagian bawah layar. Namun, bila terjadi gangguan dan taskbar tidak mau muncul lagi, Anda bisa mematikan fitur auto-hide. Dalam keadaan normal, kita bisa mematikan fitur auto-hide secara langsung dari taskbar dengan mengklik kanan disana, tetapi karena sekarang taskbar-nya tidak ada, kita harus melakukan hal tersebut lewat Control Panel.

Cara Menampilkan Taskbar yang Hilang di Windows 3

Buka Control Panel, lalu klik Taskbar and Navigation. Kotak dialog Taskbar Properties akan ditampilkan. Hilangkan tanda centang di samping tulisan Auto-hide the taskbar. Untuk berjaga-jaga, pastikan juga bahwa lokasi taskbar diletakkan di bawah layar. Mungkin Anda tidak sadar bahwa taskbar diatur agar disembunyikan secara otomatis dan berada di kiri, kanan, atau atas layar.

Metode 2: Ubah Ukuran Layar

Cara Menampilkan Taskbar yang Hilang di Windows 4 Jika Anda sering menghubungkan komputer Anda dengan layar eksternal, maka ada kemungkinan bahwa taskbar menghilang dikarenakan pengaturan ukuran layar yang tidak sesuai sehingga taskbar berada di area layar yang tak ditampilkan. Di Windows, Anda bisa menekan tombol Windows dan P pada keyboard Anda secara bersamaan untuk memilih opsi mode tampilan. Anda juga bisa mengubahnya melalui Control Panel, lalu pilih Display, dan klik Adjust Resolution or Change Display Settings. Cobalah ubah mode tampilan menjadi Computer Only.

Baca Juga :  Perbedaan Antara Windows x86 dan x64

Metode 3: Restart Explorer.exe

Cara Menampilkan Taskbar yang Hilang di Windows 5 Explorer.exe yang crash merupakan penyebab paling lazim dari taskbar yang hilang, tetapi juga bisa dibilang sebagai yang paling ribet untuk diatasi. Sebenarnya tidak juga. Anda harus menjalankan kembali program explorer.exe.

Caranya, Anda harus membuka Task Manager. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan menekan tombol Ctrl, Alt, dan Del secara bersamaan di keyboard Anda. Di Windows versi lama, jendela Task Manager akan segera ditampilkan, sementara di Windows 7 ke atas Anda akan disuguhkan dengan pilihan-pilihan yang berkaitan dengan perintah terhadap sistem operasi. Pilih Start Task Manager.

Cara Menampilkan Taskbar yang Hilang di Windows 6

Kemudian, klik File, dan klik Run New Task. Di kotak yang ditampilkan, ketikkan explorer.exe. Hal ini akan me-restart proses explorer.exe dan diharapkan akan mengembalikan taskbar Anda.

Solusi Lain
Jika metode-metode di atas tidak bekerja di komputer Anda, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut :
– Terkadang masalah ini terjadi ketika Anda baru kembali dari mode Sleep. Jika demikian, masalah disebabkan karena driver hardware yang tidak sesuai dengan sistem operasi Anda. Anda perlu memperbarui driver-driver Anda, terutama driver unit pengolah grafis yang Anda gunakan.
– Masalah ini juga bisa disebabkan karena malware yang menginfeksi komputer Anda, yang bisa saja sampai merusak BIOS Anda. Cobalah untuk melakukan scan malware dengan program anti-malware yang handal.
– Anda juga bisa menjalankan program System File Checker yang tersedia di Windows untuk memeriksa apakah ada komponen sistem yang rusak.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part