Tips & Trik

Cara Menampilkan Subtitle Film di Android

Smartphone berbasis Android merupakan smartphone yang paling banyak digunakan saat ini. Berbagai hal dapat dilakukan dengan Android, salah satunya ialah menonton film. Apabila Anda menonton film lokal yang pastinya menggunakan Bahasa Indonesia sehingga tidak menjadi masalah, tapi bagaimana jika film yang Anda tonton berasal dari luar negeri? Berbeda di PC, subtitle film memang jarang muncul jika dipindahkan ke ponsel. Lantas bagaimana cara menampilkan subtitle film di Android?

Ketika Anda menonton film luar negeri, Anda pastinya membutuhkan sebuah subtitle untuk memunculkan arti dari setiap kata yang diucapkan dalam film tersebut. Memang jika dari PC maupun laptop, memunculkan atau menghilangkan subtitle film dan video memang gampang, tetapi lain halnya jika di smartphone Android.

Kebanyakan aplikasi pemutar video bawaan ponsel tidak mampu memunculkan subtitle dengan sendirinya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberitahukan cara menampilkan subtitle film di Android dengan langkah-langkah berikut ini:
· Pilih film apa yang Anda ingin tonton, dan download subtitle di situs khusus subtitle seperti Subscene.
· Buatlah nama Film dan Subtitle yang sama, walaupun akhirannya berbeda (.srt, .mp4)
· Tempatkan film dan subtitle yang Anda unduh tadi di satu folder yang sama.
· Jika sudah Anda tempatkan, maka sekarang install aplikasi MX Player di Play Store ponsel Android Anda.
· Bukalah MX Player, kemudian pilih film yang ingin Anda tonton.
· Apabila filmnya sudah berjalan, tapi subtitle belum muncul, Anda bisa mengklik Pause dulu.
· Setelah itu, pilih icon Quote dan akan muncul pilihan subtitle film. Checklist subtitle tersebut, lalu kembali pada film.
· Apabila sudah, secara otomatis, subtitle film pun akan muncul dan Anda bisa menonton dengan nyaman.
· Selesai.

Aplikasi MX Player ialah aplikasi pemutar video terbaik dengan subtitle, apalagi aplikasi ini gratis untuk Anda install di smartphone Android. MX Player juga banyak digunakan pengguna Android untuk menonton film Full HD atau Blu-ray karena mempunyai fitur “support subtitle”.

Selain cara di atas, Anda bisa mendownload film yang memang subtitle-nya sudah dimasukkan oleh pemilik website. Saat ini sudah banyak sekali tersedia website yang menyediakan substitle di dalamnya sehingga Anda tak perlu repot-repot menambahkan subtitle.