Cara Menampilkan Kutipan Post WordPress yang Diproteksi

Tahukah Anda bahwa Anda bisa memasang password di setiap post dan halaman WordPress? Jika tidak, mungkin Anda ingin melihat bagaimana cara melakukan hal itu di artikel kita sebelumnya. Nah, secara default, WordPress tidak akan menampilkan isi konten dari suatu post yang diproteksi password. Akan tetapi, ada beberapa metode yang dapat Anda manfaatkan untuk tetap bisa menampilkan sedikit bocoran atau kutipan dari isi konten tersebut kepada publik.

Cara Menampilkan Kutipan Post WordPress yang Diproteksi

Hal ini sangat berguna bila Anda ingin menjalankan layanan blog berlangganan. Pengunjung yang tertarik dengan bocoran yang telah Anda tampilkan barangkali ingin membaca lebih lanjut, namun ia harus memiliki password untuk membaca artikel secara lengkap. Sekarang, kita akan mempelajari cara menampilkan kutipan post yang di-password di WordPress.

Metode 1: Menampilkan Kutipan Post Secara Manual
Pertama-tama, silahkan copy kode berikut dan paste di file functions.php tema atau di suatu plugin yang site-specific.
01 function wpb_protected_excerpt( $excerpt ) {
02 if ( post_password_required() ) {
03 $post = get_post();
04 $excerpt=$post->post_excerpt;
05 }
06 return $excerpt;
07 }
08 add_filter( ‘the_excerpt’, ‘wpb_protected_excerpt’ );
09
10 function wpb_protected_excerpt_posts( $content ) {
11 if ( post_password_required() && is_single() ) {
12 $post = get_post();
13
14 return $post->post_excerpt.$content;
15 }}
16 add_filter( ‘the_content’, ‘wpb_protected_excerpt_posts’, 10 );

Kemudian, buka menu Posts di WordPress untuk mengedit post yang diproteksi password. Klik tombol Screen Options di bagian atas tampilan. Beri tanda centang di samping tulisan Excerpt.

Cara Menampilkan Kutipan Post WordPress yang Diproteksi 1

Sehingga, kotak Excerpt akan ditampilkan di Post Editor. Tuliskan bocoran atau kutipan yang ingin Anda tampilkan kepada publik. Sebelum Anda menekan tombol Publish, pastikan bahwa postingan tersebut telah diproteksi password.

Cara Menampilkan Kutipan Post WordPress yang Diproteksi 2

Metode 2:Menggunakan Plugin
Membuat post ber-password jauh lebih mudah, tetapi kontrolnya agak sulit. Bila Anda menjalankan website multi-user, atau hendak membuka registrasi pengguna, maka penggunaan plugin akan memberikan lebih banyak kemudahan kontrol. Dengan plugin, Anda bisa mengatur pengguna mana saja yang dapat mengakses area-area dalam website. Anda juga bisa mengatur seberapa banyak konten yang hendak ditampilkan bagi setiap level pengguna.

Artikel berhubungan:  Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Berbayar

Pertama, instal dan aktifkan plugin Restrict Content Pro. Lalu, buka menu Restrict, lalu pilih Settings untuk mengkonfigurasi plugin tersebut. Anda perlu membuat suatu pesan khusus yang akan ditampilkan kepada pengguna yang tidak memiliki hak akses ke konten premium.

Cara Menampilkan Kutipan Post WordPress yang Diproteksi 3

Sementara, pada isi postingan, cukup letakkan konten yang hendak Anda proteksi di antara tag [restrict] dan [/restrict]. Penting untuk diingat: Anda tidak perlu memasang password secara manual di menu Publish lagi!

Anda dapat menampilkan kutipan kepada seluruh pengunjung, tetapi memberikan akses hanya kepada pengguna yang sudah log-in, dengan menggunakan kotak Restrict Content di bawah Post Editor. Beri tanda centang di samping tulisan Excerpt, lalu pilih level pengguna yang dapat melihat isi konten.

Cara Menampilkan Kutipan Post WordPress yang Diproteksi 4

Plugin Restrict Content Pro juga memiliki fitur untuk membantu Anda membangun sistem membership. Anda dapat membuat beberapa paket langganan bagi pengguna, masing-masing dengan pengaturan hak akses konten tertentu. Anda bisa menerima pembayaran via Stripe, Paypal, atau Braintree.

Cara Menampilkan Kutipan Post WordPress yang Diproteksi 5

Semoga bermanfaat!