Cara Menambah VGA Onboard dengan Software

Semakin canggih perkembangan zaman milineal, maka semakin bertambah pula varian game-game terbaru sehingga dibutuhkan struktur VGA yang memiliki kapasitas memori untuk memainkannya. Apabila dalam struktur komputer Anda, telah terpasang VGA eksternal atau internal berkapasitas tinggi misalnya lebih 512 MB, maka Anda tak perlu risau lagi memainkan game berat sekalipun. Namun bagaimana jika kapasitas VGA tidak memadai? Jangan khawatir, karena sekarang kami akan menjelaskan beberapa cara menambah VGA onboard dengan software yang pastinya sangat mudah untuk dilakukan.

Pengertian VGA
VGA merupakan standar tampilan komputer analog yang diperkenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987 silam. Meskipun standar VGA sudah tak lagi digunakan karena diganti ole standar yang lebih baru, VGA tetap diimplementasikan pada Pocket PC. Oleh karena itu, VGA menjadi standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrikan pembuat kartu grafis komputer. Bahkan sampai sekarang, tampilan Windows masih menggunakan modul VGA karena didukung oleh produsen monitor dan kartu grafis.

Baca juga: Cara Install Soundcard HD Audio Realtek Di Windows XP

Istilah VGA juga kerap digunakan untuk mengacu pada resolusi layar berukuran 640 x 480 pixel, apa pun pembuat hardware kartu grafisnya. Kartu VGA pun berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau memutar permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang paling terkenal saat ini ialah ATI dan nVidia.

Kemudian, VGA juga bisa mengacu pada konektor VGA 15-pin yang tetap digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video kepada monitor. Standar VGA secara resmi pun digunakan oleh standar XGA dari IBM, namun nyatanya VGA justru digantikan dengan Super VGA.

Fungsi VGA
Fungsi VGA Card atau sering disebut dengan kartu grafis ialah untuk menerjemahkan dan mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA juga berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Bahkan VGA berperan penting dalam hal menggambar desain graphic maupun untuk bermain game.

Pada beberapa jenis komputer yang tidak mempunyai VGA Card ataupun memiliki VGA Card dengan kualitas seadanya, maka tampilan layarnya menjadi kurang baik dan tidak menarik. Selain berguna untuk mentransmisikan sinyal digital, bagi Sobat Gaptex  yang mempunyai PC dengan VGA Card dengan kapasitas besar, akan berfungsi lebih baik lagi, seperti:

– Grafik dalam bermain game menjadi lebih baik
– Cocok bagi pengguna yang senang menonton film dengan detail yang sempurna
– Membantu desain grafis dan 3D desain
– Tampilan layar menjadi lebih jernih dan tajam
– Bisa mengkoneksikan laptop atau PC ke layar TV dengan port HDMI sehingga menghasilkan kualitas gambar yang baik

Cara Menambah VGA Onboard dengan Software
Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, Anda perlu mengetahui jenis-jenis VGA Card pada komputer yakni kartu VGA ISA, kartu VGA PCI, kartu VGA EISA, kartu VGA Pcle, dan kartu VGA AGP. Program-program yang memerlukan kualitas display tinggi seperti beberapa jenis game HD dan program desain grafis, dapat membuat laptop terasa lambat saat dijalankan.

Salah satu penyebab hal tersebut terjadi ialah karena kapasitas kartu grafis kurang, sehingga ruang memori VGA menjadi terlalu penuh dan menimbulkan kinerja prosesor terhambat. Oleh karena itulah, untuk meningkatkan kinerja laptop yang lambat karena rendahnya kapasitas VGA adalah dengan meningkatkan kapasitasnya.

Namun sayang, untuk mengupgrade VGA yang pada umumnya bersifat onboard sulit dilakukan. Walaupun sulit, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara alternatif yaitu dengan menggunakan bantuan perangkat lunak. Berikut ini cara menambah VGA Onboard dengan software  secara singkat dan jelas:

1. IDAMT

IDAMT ialah singkatan dari Intel Display Adapter Management Tool yang bisa digunakan untuk menambah memori VGA, tetapi penggunaannya khusus untuk laptop dengan VGA Intel saja, seperti Intel HD Graphics 2000 hingga 4000. Software ini sudah terbukti keampuhannya untuk menambah memori VGA Onboard.

Apabila kapasitas RAM diperangkat Anda pas-pasan, maka Anda bisa mengupgrade RAM terlebih dahulu. Upgrade fisik RAM bahkan cenderung lebih mudah karena bersifa add-on sehingga dapat dibongkar pasang dengan mudah. Selain itu, mayoritas motherboard menyediakan dua slot RAM.

Cara kerja dari software IDAMT bisa dikatakan cukup sederhana karena hanya mengubah Vertex Processing Mode supaya tidak dijalankan sepenuhnya oleh VGA, sehingga ada pembagian tugas antara VGA dan memori di game itu sendiri. Untuk menggunakan software IDAMT ini pastinya Anda perlu mendownloadnya terlebih dahulu. Jika sudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk share memory RAM ke VGA Onboard dengan mengandalkan software Intel Display Adapter Management Tool:

– Pertama, Anda perlu extract file software Intel Display Management Tool yang awalnya berekstensi (.rar)
– Lalu, install software IDAMT yang masih berekstensi exe
– Kemudian, buka tab Vertex Processing Modes For Executables untuk Intel Only, klik Add Executable
– Pilih aplikasi atau game yang sekiranya membutuhkan kualitas disply tinggi, klik Open
– Anda tinggal klik Change Vertex Processing Mode
– Software IDAMT aan bekerja saat game atau aplikasi yang Anda pilih sudah dijalankan

Artikel menarik:  5 Tips Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

2. 3D Analyze
Jika Anda ingin memainkan video games keluaran terbaru, namun kapasitas VGA pada PC Anda tidak memenuhi spesifikasi untuk memainkan game tersebut, Anda bisa menjalankan software tambahan bernama 3D Analyze, sebuah program emulator kartu grafis yang mampu memanipulasi video games supaya komputer Anda terlihat mempunyai spesifikasi untuk menjalankan games itu.

Dengan bantuan program 3D Analyze ini, pekerjaan VGA saat menjalankan program yang berat pun akan berkurang sehingga kinerja laptop tidak akan lambat lagi. Berikut ini cara menggunakan 3D Analyze:

– Sebelum memulai software, pastikan kapasitas RAM di komputer atau laptop Anda cukup besar, sehingga dapat ‘dipinjam’ untuk VGA virtual
– Download dan install 3D Analyze
– Jalankan software 3D Analyze VGA virtual. Anda dapat memilih program yang akan dijalankan pada kolom select pada kotak dialog
– Anda akan menemukan beberapa panel di kolom bagian kanan kotak dialog.
– Sesuaikan panel-panel tersebut dengan kebutuhan Anda sendiri. Sebagai acuan, Anda bisa melihat grafik VGA
– Klik Run jika pengaturan sudah selesai dilakukan.

3. PHDGD Now
PHDGD Now mampu bekerja untuk merubah settingan GPU. Perangkat ini meningkatkan kinerja dengan mengurangi kualitas grafis dan meningkatkan ruang memori VRAM. Besarnya peningkatan VRAM juga bergantung pada seri GPU yang digunakan pada laptop Anda.

Namun sayangnya, aplikasi ini hanya mendukung beberapa VGA saja, diantaranya ialah Intel HD generasi 1 sampai 4, Graphic Media Acelerator dari seri 41, 43, 45, 965, 3150, dan 3600. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Mari simak langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan PHDGD Now:

– Download, install, dan jalankan software PHDGD Now
– Klik pilihan Get Started
– Saat Anda melihat opsi Graphic Prosesor, Anda bisa memilih Graphic Processor yang digunakan pada perangkat
– Klik Grab It!
– Kemudian, pilih sistem operasi yang saat ini digunakan laptop Anda
– Setelah itu, download film program dari link yang dimunculkan. File ini merupakan file program yang sesuai dengan spesifikasi laptop yang sudah Anda masukkan sebelumnya
– Setelah proses download selesai, install program tersebut
– Terakhir, restart perangkat Anda dan hidupkan kembali.

4. Swift Shader
Hampir sama dengan 3d Analyze, Swift Shader adalah program emulator pixel shader. Swift Shader bisa membantu dalam hal meringankan kinerja komputer saat program aplikasi yang berat seperti game dan lainnya sedang berjalan. Dengan melakukan pekerjaan kartu grafis dalam merender gambar dalam aplikasi dan game. Berikut ini cara menggunakan Swift Shader:

– Download software Swift Shader, kemudian ekstrak file tersebut dan simpan dalam satu folder
– Silahkan lakukan copy paste file yang sudah ditentukan ke dalam folder tempat file executable game yang akan menggunakan software Swift Shader
– Setelah itu, Anda bisa melakukan pengeditan pengaturan kemampuan pixel shader dan sesuaikan kebutuhan Anda
– Simpan kalau ada perubahan yang dilakukan
– Swift Shader akan mulai berjalan saat Anda membuka aplikasi atau game tersebut.

Demikianlah artikel mengenai beberapa cara menambah kapasitas VGA Onboard dengan software mumpuni seperti IDAMT, 3D Analyze, Swift Shader dam PHGD Now. Menambah VGA dengan bantuan software di atas ialah salah satu cara agar komputer maupun laptop Anda tidak lambat saat menjalankan software dengan kualitas display tinggi  meskipun spesifikasi pada laptop yang digunakan sangat standar.

Namun ingatlah, cara ini juga akan mengurangi ruang memori RAM Anda, sehingga apabila RAM pada perangkat hanya standar saja, sebaiknya Anda melakukan upgrade RAM terlebih dahulu. Sebaliknya, jika laptop atau komputer Anda masih saja lambat, maka Anda perlu melakukan hal lainnya, coblah untuk menghapus sampah cache atau menghapus program yang jarang sekali digunakan.

Apabila Anda terlalu banyak menyimpan file, sampai ruang kosong dalam harddisk nyaris tidak ada sama sekali, maka hal itu akan sangat mempengaruhi kinerja komputer. Tidak hanya membuatnya menjadi lambat, namun juga berpotensi akan merusak hardisk anda. Bayangkan saja kalau Anda mempunyai sebuah lemari, dan Anda menjejalkan banyak sekali barang ke dalamnya sampai sangat penuh, lemari itu pasti akan lebih cepat rusak.