Reparasi

Cara Memperbaiki USB Flashdisk Yang Rusak & Tidak Terbaca

Sobat Gaptex, kita semua tahu, Flashdisk adalah sebuah device external yang kerap mengalami kerusakan, apalagi jika sering digunakan pada banyak komputer secara bergantian. Meski harga USB flashdisk saat ini murah meriah, tidak ada salahnya kita untuk mencoba memperbaikinya terlebih dahulu sebelum ‘melembiru’ (lempar beli baru). Toh, bisa jadi ada beberapa data penting yang harus Anda selamatkan, bukan?

Cara Memperbaiki USB Flashdisk Yang Rusak & Tidak Terbaca

Sebelum membentangkan tutor lengkapnya, ada baiknya kita membedakan dan mengetahui terlebih dahulu berbagai macam dan penyebab kerusakan flashdisk :
1. Virus/malware – Merupakan penyebab yang paling sering menyebabkan sebuah flashdisk menjadi rusak dan tidak terbaca. Sebuah virus/malware yang ‘membunuh’ bahkan dapat membuat sebuah flashdisk mengalami kerusakan permanen. Namun demikian, rata-rata flashdisk yang rusak akibat virus dapat disembuhkan menggunakan tools dan trik khusus yang akan dibahas pada posting ini.
2. External factor – Flashdisk ketumpahan kopi atau patah akibat tergencet? 2 hal tersebut adalah faktor eksternal yang dapat menyebabkan kerusakan. Tentu saja ada banyak sekali kejadian lain yang dapat menyebabkan kerusakan. Untuk kasus yang ekstrim, flashdisk sudah tentu tidak bisa diselamatkan lagi. Cara mengatasi kerusakan yang timbul karena hal ini adalah dengan mengamati seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan oleh berbagai faktor external.
3. Hardware Failure – Seperti perangkat penyimpanan lain (hardisk, memory card, dsb), USB flashdisk terbuat dari material yang sangat rentan dengan kerusakan. Berbagai goncangan dapat menyebabkan kesalahan hardware yang berakibat kepada kerusakan. Salah satu faktor penting dari hardware failure adalah merek yang biasanya berhubungan langsung dengan harga jual dan material pembangunnya. Flashdisk bermerek abal-abal yang terlampau murah kerap mengalami hardware failure dan mudah sekali rusak.

Berikut tutorial cara memperbaiki flashdisk yang rusak & tidak terbaca akibat penyebab no (1) dan (3) diatas :
1. Coba colok flashdisk ke komputer lain. Jika terbaca dengan sempurna, maka dapat disimpulkan yang bermasalah adalah PC Anda (kemungkinan port USBnya atau masalah driver) dan bukan flashdsiknya. Jika masih tidak terbaca, maka Anda dapat melanjutkan langkah berikutnya.
2. Klik start > settings > Control Panel, klik 2x pada Icon Systems
3. Pada jendela yang terbuka, klik tab hardware > device manager
4. Klik menu ‘universal serial bus controller’ dan lakukan pemeriksaan satu per satu. Ubah status menjadi ‘Enable” pada semua yang nampak seperti gambar dibawah :

Cara Memperbaiki USB Flashdisk Yang Rusak

5. Pada bagian “USB Root Hub”, lakukan uninstall seluruhnya dengan klik kanan.
6. Restart Komputer

Jika flashdisk masih belum terbaca, maka Anda dapat mencoba perbaikan melalui menu registry :
1. Klik Start > Run. Ketik regedit. Enter.
2. Cari menu HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\UsbStor
3. Pada value Dwords harus bernilai 3 (Enable). Ubah semuanya ke angka 3 jika belum.

Cara Memperbaiki USB Flashdisk Yang Rusak 1

4. Restart PC Anda kembali.

Untuk panduan lengkap, Anda bisa melihat video dibawah :

Pada kasus ekstrim, USB flashdisk dapat diperbaiki dengan cara ekstrim pula. Tentu saja membutuhkan sedikit ketrampilan elektronika. Silahkan lihat tutorialnya pada video berikut :

Semoga bermanfaat!