Cara Memperbaiki Memory Card Error & Menyelamatkan Data Yang Hilang

Kita semua tahu, memory card merupakan komponen penting sebuah gadget (kamera, ponsel, tablet, dsb) yang berisi data-data penting atau bahkan pribadi pemiliknya.  Sayangnya, memory card yang diperlakukan secara tidak baik atau dirasuki oleh virus dan malware jahat seringkali membuatnya error dan tidak lagi bisa digunakan. Error saja mungkin tak begitu masalah, tapi bagaimana jika ada data penting yang tak ternilai dengan materi berada dalam memory card tersebut? Itu masalah besar pastinya.

Dalam post kali ini kita akan membahas tak hanya cara memperbaiki memory card error, tetapi juga mengembalikan data di dalamnya yang nyaris hilang.

Perlu diketahui, kebanyakan penyebab memory card error diantara adalah kesalahan daya (power shortage), perlakuan yang salah dengan melepas pasang memory seenak perut sendiri tanpa di-eject atau unmount terlebih dahulu atau bisa juga karena telah disusupi oleh virus dan malware ganas yang menggandakan diri secara brutal sehingga merusak komponen hardware.

Jika Anda mendapati kondisi memory card error pada memory yang Anda miliki, langkah pertama yang harus dilakukan adalah stop semua aktivitas pada memory tersebut. Jangan coba memaksakan untuk membaca file yang berada di dalam atau menggunakannya. Langkah berikutnya adalah menggunakan software data recovery untuk menyelamatkan data yang ada. Salah satu software bagus untuk melakukan itu adalah EaseUS Card Recovery Wizard.

Cara melakukan recovery data :
– download programnya disini (versi trial) dan install di komputer Anda
– Jalankan program dan lakukan “deep scan” untuk menemukan data yang hilang di memory card Anda
– Hasil scan akan menampilkan data yang hilang. Anda dapat melakukan preview dan memastikan bahwa itu adalah data yang Anda cari
– Jika memang data yang Anda cari ditemukan, maka Anda bisa melakukan recovery dengan membeli versi full program ini. Harganya barangkali tak sebanding dengan data milik Anda yang nyaris hilang
– Jika Anda membutuhkan program lain yang free, Anda bisa menggunakan program Wondershare Data recovery disini.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki USB Flashdisk Yang Rusak & Tidak Terbaca

Sementara itu, Anda bisa mencoba untuk memperbaiki memory card Anda yang error dengan cara sebagai berikut :
– cara satu-satunya untuk mengembalikan memory card ke posisi awal adalah dengan melakukan format. Dengan demikian, cobalah melakukan format memory card yang sudah dihubungkan ke PC Anda. Jika tidak bisa dan masih error, maka Anda dapat mencoba cara yang lebih keras dibawah.
– Memory card error sangat berhubungan dengan kondisi hardware yaitu komponen yang berada di memory card tersebut. Jika sudah bermasalah dengan komponen, biasanya memory card tidak akan lagi bisa diperbaiki. Meski demikian, cobalah periksa kondisi memory card Anda dan bersihkan seluruh permukaan yang dapat dijangkau menggunakan cotton bud. Lalu coba kembali untuk melakukan format.
– Jika seluruh cara diatas belum ampuh, Anda dapat melakukan klaim garansi yang biasanya lifetime (seumur hidup) atau bersiap-siap untuk membeli memory card baru dan mulai menggunakannya secara baik dan cermat.

Anda juga bisa melihat video yang berisis tutorial cara memperbaiki memory card error dibawah ini :

Good Luck!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part