Cara Membuka Smartphone yang Terkunci (Lupa Password)

Mengunci dengan password merupakan cara paling sederhana untuk mencegah smartphone dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Ada beberapa opsi password yang dapat menjadi pilihan, antara lain berupa huruf, angka, dan pola. Meski demikian, pengguna bisa lupa password yang dikarenakan beberapa hal. Misalnya, memang benar-benar lupa atau bisa juga password diketahui orang lain dan diubah tanpa sepengetahuan oleh orang tersebut.

Cara Membuka Smartphone yang Terkunci (Lupa Password)

Berikut ini adalah cara membuka smartphone yang terkunci karena lupa password :

1. Menggunakan Forgot Password
Fitur ini tidak serta merta ditampilkan saat hendak membuka kunci layar. Anda punya tiga kesempatan untuk memasukkan password. Jika setelah tiga kali tidak berhasil, di layar smartphone akan muncul pesan yang memberitahukan bahwa Anda bisa kembali mencoba memasukkan password setelah 30 detik. Pada bagian ini, muncul juga fitur atau tombol Forgot Password.

Saat dilakukan tap pada tombol tersebut, Anda tidak akan mendapatkan password secara langsung. Anda akan diminta memasukkan akun e-mail dan passwor e-mail. Anda akan memperoleh pesan yang berisikan panduan untuk melakukan unlock screen pada smartphone. Namun sebelum menggunakan fitur ini, Anda memastikan terlebih dulu perangkat terhubung ke internet.

2. Menggunakan Panggilan Telepon
Apabila smartphone tidak dapat mengakses jaringan internet, Anda bisa membuka kunci layar dengan menggunakan panggilan telepon. Anda dapat melakukannya dari perangkat lain ke perangkat Anda. Setelah itu, Anda menjawab panggilan tersebut, namun jangan ditutup atau dibiarkan saja. Anda kemudian melakukan tap pada tombol Home dan masuk ke menu Setttings.

Langkah berikutnya adalah mengaktifkan paket data. Tujuannya supaya perangkat bisa mengakses internet serta melakukan sign in dengan memasukkan e-mail dan password untuk melakukan unlock screen pada smartphone. Anda bisa menonaktifkan password dan membuat password baru yang berupa angka atau pola di menu Settings.

Artikel berhubungan:  Pengertian Brainware

3. Menggunakan Factory Data Reset
Factory data reset merupakan langkah terakhir jika kedua langkah sebelumnya tidak berhasil. Sebagai catatan, saat dilakukan factory data reset, maka semua data dan file yang tersimpan di memori internal akan terhapus. Di sinilah pentingnya melakukan backup data, sebab apabila fitur backup data sudah diaktifkan sebelum smartphone terkunci, Anda tidak perlu khawatir karena data tetap aman.

Factory data reset di sini bisa dilakukan melalui recovery mode, sama seperti langkah mengatasi smartphone yang mengalami bootloop. Sebagai langkah preventif, setelah smartphone dimatikan, Anda bisa melepaskan kartu memori eksternal. Setelah itu, Anda masuk ke recovery mode, antara lain dengan menekan dan menahan tombol Home, Volume Up, dan Power secara bersamaan.

Dengan menggunakan tombol Volume, Anda bisa mengarahkan kursor ke pilihan “wipe data/factory reset”, lalu menggunakan tombol Home untuk memilihnya. Dengan cara yang sama, Anda selanjutnya mengarahkan kursor ke pilihan “Yes — delete all user data” dan “reboot system now”. Perangkat akan restart/reboot dan menyala kembali dalam keadaan seperti saat pertama kali dibeli.

Semoga bermanfaat!