Cara Membuat White Label Dashboard Admin WordPress

Pernahkah Anda berpikir untuk membuat white label dashboard admin WordPress yang Anda buat? WordPress hadir dengan user interface yang baik, tetapi bukan berarti bahwa Anda tidak bisa mengkustomisasinya sesuai kebutuhan dan keinginan. Dalam artikel berikut, kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat white label dashboard admin WordPress Anda.

Cara Membuat White Label Dashboard Admin WordPress

Apa itu white label WordPress dan kenapa kita membutuhkannya?
WordPress merupakan Content Management System (CMS) paling populer terkenal di dunia. Namun, masih banyak orang yang belum mengenalnya. Ketika Anda mengerjakan sebuah proyek klien, besar kemungkinan bahwa si klien tidak begitu familiar dengan WordPress.

Klien menginginkan cara yang mudah untuk meng-upgrade website mereka. Mereka tidak ingin repot-repot memusingkan tema, plugin, update, keamanan, apalagi mempelajari suatu software nan sangat powerful seperti WordPress.

Membuat white label dashboard admin WordPress memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi area admin WordPress. Anda dapat mengganti merk WordPress default dengan merk Anda sendiri, serta menyembunyikan bagian-bagian yang tidak dibutuhkan, guna menciptakan user-interface yang lebih efisien bagi para klien dan pengguna.

Membuat White Label Dashboard Admin WordPress
Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin White Label CMS. Setelah itu, buka Settings >> White Label CMS untuk mengkonfigurasi pengaturan plugin tersebut.

Cara Membuat White Label Dashboard Admin WordPress 1

Halaman pengaturan untuk plugin ini memungkinkan Anda untuk mengkontrol dan memodifikasi setiap aspek dari layar administrator WordPress. Halaman ini terbagi menjadi empat bagian :
– Branding,
– Dashboard Panels,
– Admin Settings,
– Modify Menus.

Meng-klik lambang tanda tambah di setiap bagian akan membentangkan daftar lengkap pengaturan yang ada. Pastikan bahwa Anda menekan tombol Save pada masing-masing bagian usai membuat perubahan.

Branding
Di sini, Anda dapat mengganti merk WordPress standar dengan merk Anda sendiri. Opsi pertama yang Anda lihat di bawah sub-judul Branding digunakan untuk menentukan apakah logo WordPress akan ditampilkan atau tidak di admin bar. Anda juga bisa mengunggah logo buatan Anda sendiri untuk mengganti logo WordPress tersebut.

Cara Membuat White Label Dashboard Admin WordPress 2

Opsi berikutnya ialah untuk mengubah ikon home pada dashboard dengan logo atau grafis Anda sendiri. Di sini, istilah ‘dashboard’ pada layar administrator juga bisa diubah sesuai keinginan. Lalu, di bagian footer, kita bisa mengganti teks “Thank you for creating with WordPress” yang biasa muncul secara default dengan link menuju website kita sendiri.

Salah satu aspek paling penting dalam membuat white label WordPress yakni mengganti logo WordPress pada layar login. Bagian login pada sub-judul Branding di sini memungkinkan kita untuk melakukan hal tersebut dengan mudah. Kita bisa menggunakan logo kita sendiri, asalkan ukurannya persis 300×800 piksel. Dengan sedikit skill CSS, kita bisa lebih lanjut mendesain layar login WordPress kita sendiri.

Cara Membuat White Label Dashboard Admin WordPress 3

Dashboard Panels
Layar admin utama pada WordPress biasa disebut dashboard. Layar inilah yang biasa muncul ke hadapan pengguna setelah login. Layar ini mengandung beberapa panel yang menampilkan berbagai informasi berbeda tentang website mereka. Dengan begitu banyak informasi yang disuguhkan, kebanyakan pengguna awam pun bingung dengan apa yang harus mereka lakukan terhadap informasi-informasi tersebut.

Cara Membuat White Label Dashboard Admin WordPress 4

White Label CMS mengizinkan Anda untuk mengkustomisasi bagian ini dan membuatnya tampil lebih minimalis dan rapi. Dalam opsi pengaturan Dashboard Panel, Anda bisa mengatur masing-masing panel supaya ditampilkan atau tidak ditampilkan. Anda juga bisa membuat dan menambahkan widget dashboard sendiri.

Admin Settings
Bagian ini memungkinkan kita untuk mengkontrol berbagai pengaturan di area admin. Opsi pertama digunakan untuk membuat pengguna menggunakan/login sebagai URL login WordPress. Akan tetapi, apabila Anda menyalakan Permalinks, WordPress akan tetap secara otomatis mengalihkan pengguna yang mengakses www.alamatwebsite.com/login ke www.alamatwebsite.com/wp-login.php.

Cara Membuat White Label Dashboard Admin WordPress 5

Opsi berikutnya adalah untuk menyembunyikan notifikasi update dari layar admin. Lebih lanjut, kita juga bisa menyembunyikan screen options dan menu help.

Pada pengaturan Hide Meta Boxes, kita bisa mendesain ulang layar post editor bagi pengguna. Jika klien Anda tidak akan menggunakan berbagai meta box yang hadir secara default di layar post editor WordPress, maka menghilangkannya akan membuat layar post editor menjadi lebih nyaman dan lapang.

Modify Menus
WordPress hadir dengan menu admin yang praktis. Di sana terdapat link-link menuju media, post, halaman, komentar, tools, plugin, tema, dan lain-lain. Apabila Anda menggunakan beberapa plugin tertentu di website, maka plugin-plugin tersebut juga akan memiliki link menu sendiri. Sebagai akibatnya, menu admin Anda jadi agak terlalu panjang. Klien Anda kemungkinan besar tidak akan membutuhkan menu-menu itu. Pada opsi pengaturan Modify Menus di plugin White Label CMS, Anda bisa menentukan menu mana saja yang akan ditampilkan kepada pengguna.

Cara Membuat White Label Dashboard Admin WordPress 6

Di sini kita juga bisa mematikan akses menuju menu Apperance. Menu Appearance memiliki berbagai opsi yang berhubungan dengan pengubahan tema, modifikasi widget, background, dan lain-lain. Jika klien kita tidak begitu mengenal WordPress, sebaiknya sembunyikan saja menu ini, karena pengaturan yang salah akan membuat website mereka rusak.

Kemudian, di bagian paling bawah dari halaman pengaturan plugin White Label CMS, terdapat opsi untuk impor dan ekspor settings. Kita bisa menggunakan opsi ini untuk menyalin pengaturan yang sama persis untuk website lain yang kita bangun. Sementara, tombol Reset berfungsi untuk mengembalikan seluruh pengaturan kembali ke kondisi default dari WordPress.

Cara Membuat White Label Dashboard Admin WordPress 7

Penting untuk diingat, meski membuat white label WordPress memungkinkan kita untuk menghapus hal-hal yang tidak penting serta menambahkan merk atau brand kita sendiri, hal ini tidak akan mengubah penampilan umum admin area WordPress. Untuk itu, kita perlu menggunakan tema admin dan plugin tambahan. Juga, sebaiknya, Anda membuat white label dashboard admin WordPress hanya jika Anda akan memelihara suatu website tersebut secara reguler dan berkelanjutan.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part