Cara Membuat Watermark Pada Foto

Jika Anda adalah seorang photographer atau pemilik website atau pembuat konten berbasis image, membubuhkan watermark pada foto yang Anda publish di internet boleh jadi merupakan hal yang amat penting. Watermark pada foto selain berfungsi sebagai penanda diri Anda, juga dapat menjadi penangkal aksi copy paste atau “pembajakan” yang sangat mudah sekali dilakukan oleh orang lain.

Jika foto yang Anda miliki sudah dibajak karena tidak memiliki watermark, maka berbagai macam kerugian dapat timbul darinya. Bayangkan Anda sudah bersusah payah membuat sebuah konten image atau seni foto yang mengagumkan, tetapi dicuri oleh pihak yang tak bertanggungjawab tanpa ijin dari Anda. Lebih parah, bisa saja pihak yang mencuri itu mengklaim hasil kerja Anda sebagai miliknya.

Cara membuat watermark pada foto bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu memiliki software pengolah gambar standar saja. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa membuat watermark menggunakan software yang lebih advanced seperti adobe photoshop dan lain sebagainya.

Ketika membubuhkan watermark, pastikan Anda memeperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
1. Selipkan watermark pada area kosong (sudut atau tepi) jika Anda memiliki kepentingan untuk menonjolkan sebuah citra gambar. Cara memberikan watermark seperti ini masih sangat rentan dengan aksi pencurian karena orang dapat dengan mudah meng-crop sebuah foto dan menghilangkan watermark yang ada.
2. Selipkan watermak pada sebagian area image Anda. Tampilan image Anda mungkin akan ‘sedikit’ terganggu. Tetapi orang akan lebih sulit melakukan pembajakan.
3. Bubuhkan watermak pada seluruh area gambar Anda. Pastikan tingkat opacity yang pas agar gambar Anda masih dapat terlihat dengan jelas. Untuk mencuri image dengan tipe watermark seperti ini diperlukan kerja extra dengan level design foto yang advanced. Karya Anda akan jauh lebih aman jika jenis watermarknya adalah yang ini.

Artikel berhubungan:  Karimun WagonR : si Kecil dengan Segudang Kelebihan

Berikut cara membuat watermark pada foto yang diambil dari video pada Youtube menggunakan adobe Photoshop. Anda dapat menggunakan software lain dengan cara yang hampir mirip jika tidak memiliki photoshop di PC Anda.

Jika tak mau repot, Anda dapat membuat watermark pada foto secara online melalui situs http://picmarkr.com/

So, sudah tidak gaptek lagi bukan tentang cara membuat watermark pada foto secara mudah, kan?