Cara Membuat Toko Online [Panduan Lengkap]

Toko online tak hanya sekedar toko online. Di tengah persaingan yang cukup berat, kini Anda harus dapat membuat sebuah toko online yang memiliki ‘nilai jual’ yang lebih dibandingkan yang lain. Lupakan toko online ‘ecek-ecek’ yang tak akan membawa Anda kemana-mana, mulailah dengan konsep yang matang sebelum membangun sebuah toko online yang memiliki visi dan proyeksi yang jauh.

Cara Membuat Toko Online

Pada page khusus ini, Gaptex akan mencoba untuk menyusun dan membuat sebuah panduan “cara membuat toko online” secara lengkap dan komplit untuk Anda gunakan sebagai referensi.

Pikirkan ini sebelum membuat toko online :
– Jenis produk / jasa
– Target omset / laba
– Target pembeli
– Modal yang Anda miliki
– Sistem toko online

Setelahnya, pikirkanlah hal-hal teknis sbb :
– Nama domain & hosting
– Branding, moto, logo, slogan

Offline 2 Online
Jika saat ini Anda sudah memiliki usaha ‘offline’, maka meng’online’kan bisnis tersebut merupakan langkah cerdas yang relatif lebih mudah dibandingkan jika Anda baru saja ingin membuka usaha toko online. Silahkan baca 4 alasan beralih ke toko online agar lebih jelas.

Alternatif Toko Online
Jika Anda memiliki berbagai kendala dan keterbatasan, maka Anda bisa menempuh beberapa alternatif membuka toko online. Kami mencatat setidaknya ada 3 alternatif dalam membuka toko online yang bisa dilakukan.

Cara Membuat Toko Online 1

Software Toko Online
Opsi paling ‘tinggi’ dan ‘sejati’ diantara opsi lainnya diatas adalah dengan membangun toko online Anda sendiri. Tentu Anda membutuhkan domain & hosting (simak daftar terbaiknya disini) + software toko online yang mumpuni tetapi murah meriah.

Ada satu script yang kami rekomendasikan, yaitu script toko online yang pernah kami review disini.

Catatan :
Laman ini akan terus diperbaharui jika kami memiliki artikel yang berhubungan dengan toko online lainnya. Untuk itu, jangan lupa sukai laman FB atau follow Twitter kami.

Salam toko online!