Cara Membuat Smartphone Android Support USB OTG

Apakah Sobat pernah mendengar tentang USB OTG? Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu artinya, tapi pasti ada juga yang masih bingung mengenai pengertian dan kegunaannya. Pada artikel kali ini, kami akan mengupas secara tuntas segala hal yang berkaitan dengan USB OTG. Selain itu, kami juga akan memberitahukan bagaimana cara membuat smartphone Android support USB OTG.

Pengertian USB OTG
Sejak diluncurkan sistem operasi Android Honeycomb 3.0, Google turut memperkenalkan fitur Host Mode yang memungkinkan smartphone berbasis Android untuk memiliki fungsi layaknya sebuah komputer. Fitur ini bisa Anda gunakan saat perangkat sudah terhubung dengan konektor USB OTG.

USB OTG sendiri merupakan singkatan dari On The Go yang berarti kemampuan smartphone untuk bisa membaca data yang ada di USB flashdisk sehingga dapat melakukan transfer data tanpa harus menghidupkan komputer atau laptop terlebih dahulu. Smartphone Android keluaran terbaru pun rata-rata mendukung fitur USB OTG.

Mungkin karena bisa melakukan pertukaran file dari perangkat mobile, makanya dinamakan On-The-Go atau jika diterjemahkan yang berarti ‘dimana saja’. Untuk bisa membaca USB flash disk, Anda membutuhkan beberapa kelengkapan seperti smartphone atau tablet yang support USB OTG, kabel USB OTG, dan aplikasi file manager yang biasanya sudah terinstall di smartphone.

Fungsi USB OTG
Dengan menggunakan USB OTG, Anda bisa mentransfer data secara langsung dari flash disk atau flash drive ke smartphone Android dengan sangat mudah. Selain itu, Anda juga bisa memainkan game dengan menggunakan joystick gamepad. Namun rupanya, selain untuk membaca USB flash disk, USB OTG memiliki fungsi unik lainnya.
Ketika smartphone yang hadir semakin canggih, USB OTG menjadi aksesori smartphone yang wajib Anda miliki. Bukannya tanpa alasan, USB OTG memiliki manfaat yang tidak bisa Anda bayangkan dan bisa melakukan hal-hal unik seperti ini:

1. Menggunakan Mouse dan Keyboard Wireless
Berkat adanya fitur Host Mode, smartphone dapat digunakan sebagai media peripheral. Dengan menghubungkan konektor OTG pada smartphone, Anda bisa menggunakan keyboard dan mouse wireless supaya memudahkan Anda untuk mengoperasikan smartphone.

2. Menambah Memori Smartphone
Apakah memori internal smartphone Anda kecil? Jika iya, maka Anda bisa menambah memori smartphone dengan dukungan USB OTG. Berkat fitur Adoptable Storage di fitur OS Android Marshmallow, Anda bisa menyulap flash disk yang Anda gunakan jadi memori internal. Jadi, kalau smartphone Anda tidak dibekali dukungan microSD, flash disk inilah yang Anda gunakan sebagai memori tambahan untuk menyimpan file foto, musik, maupun video.

3. Mengubah Smartphone jadi Powerbank
Smartphone dengan kapasitas baterai jumbo sudah dipastikan akan awet daya tahan baterainya. Karena itulah, jika smartphone Android support USB OTG dan memiliki baterai raksasa, Anda bisa menggunakannya sebagai power bank untuk smartphone lain atau perangkat gadget lainnya seperti Action Cam dan MP3 Player.

4. Menyalakan Kipas Angin
Merasa gerah saat naik busway dari kantor ke rumah? Dengan membeli mini USB fan yang dijual di berbagai online shop, Anda bisa menyegarkan diri sendiri di busway dengan bantuan smartphone. Cukup hubungkan mini USB fan yang Anda miliki ke konektor OTG, maka angin sepoi-sepoi pun langsung terasa segar di wajah Anda.

5. Menyalakan Lampu Darurat
Di Indonesia, tidak heran lagi jika ada pemadaman listrik bergilir. Hal ini pastinya terasa menyebalkan jika tiba-tiba rumah jadi gelap gulita. Namun sekarang tidak lagi karena adanya USB OTG, Anda bisa memanfaatkan mini LED Light yang terang-menderang jika dihubungkan ke smartphone dengan kabel USB OTG.

6. Berbagai Baterai dan Media Antar Perangkat
Smartphone Anda kehabisan baterai? Anda bisa meminta bantuan kepada teman Anda untuk berbagi baterai menggunakan USB OTG. Lebih menariknya lagi, USB OTG yang terhubung antar smartphone juga bisa dijadikan media berbagi data seperti video, foto, dan file musik.

7. Membaca Data di Harddisk Eksternal
Bagi Anda pengguna komputer tentu saja akrab dengan yang namanya harddisk eksternal. Perangkat ini sangat bermanfaat untuk menyimpan data-data penting, apalagi memiliki memori yang cukup besar. Dengan adanya kabel USB OTG, Anda bisa membaca data di harddisk eksternal langsung di smartphone menggunakan USB OTG.

Artikel menarik:  5 Tips Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Cara Membuat Smartphone Android Support USB OTG
Apakah Anda sering foto-foto atau merekam video menggunakan smartphone Android? Lama-kelamaan, file foto dan video yang terus menumpuk itu akan membuat memori smartphone menjadi penuh sehingga mau tak mau, Anda harus memindahkannya ke flash drive. Supaya tidak bersusah payah menghidupkan PC, Anda bisa memanfaatkan fitur OTG sehingga bisa langsung melakukan transfer file gambar, data, maupun video dari smartphone Android ke flash drive.

Sebelum itu, Anda bisa mengecek terlebih dulu apakah smartphone Android Anda sudah mendukung fitur USB OTG atau belum. Namun, bagi Sobat yang memiliki ponsel Android dan belum mendukung fitur USB OTG, kami punya solusi untuk membuat smartphone Android jadi support OTG. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat Android support OTG:

1. Pastikan Smartphone Android sudah Di-root

Hal pertama yang mesti Anda lakukan ialah memastikan smartphone Android sudah di root. Fungsi root Android ini cukup banyak, seperti bisa menambah, mengurangi, atau memodifikasi file-file yang ada di perangkat. Bukan hanya itu, Anda juga bisa melakukan kustomisasi seperti memaksimalkan kerja smartphone Android dan melakukan overclock prosesor atau bahkan menghapus aplikasi bawaan yang tidak perlu.

2. Install Aplikasi USB Host Check

Langkah berikutnya yaitu menginstall aplikasi USB Host Check. Aplikasi USB Host Check tersebut berguna untuk memeriksa apakah smartphone Anda ialah smartphone support OTG atau tidak. Karena ada beberapa tipe smartphone yang memang secara hardware-nya tidak mendukung fitur OTG.

3. Cek Ketersediaan File “android.hardware.usb.host.xml”

Setelah selesai install aplikasi USB Host Check, akan muncuk pesan notifikasi berbunyi ‘It appears that USB Host supports is not enable on this device. A fix attempt can be performed”, yang berarti file yang dibutuhkan supaya Android bisa mendukung fitur OTG memang tidak ada. File yang dimaksud adalah android.hardware.usb.host.xml. Apabila belum ada, Anda harus membuat file tersebut menggunakan aplikasi notepad atau notepad ++.

4. Buat File android.hardware.usb.host.xml

Anda bisa membuat file ini dengan mengandalkan aplikasi notepad di komputer atau laptop, lalu pilih Save As android.hardware.usb.host.xml. Sebelum itu, patut Anda perhatikan jika ekstensi nama file harus (.xml) dan tipe file harus “All File”. Hal ini dikarenakan, kita harus benar-benar mengikuti prosedur agar berjalan baik dan benar.

5. Masukkan Kode Ini pada File yang Dibuat
Langkah selanjutnya ialah mencantumkan kode berikut ini ke dalam file yang sudah Anda buat tadi:

6. Pindahkan File ke Smartphone Android

Setelah itu, pindahkan file android.hardware.usb.host.xml ke smartphone Android ke folder etc/permission. Folder ini berperan cukup penting supaya Anda memperoleh akses untuk membuat smartphone Android support OTG. Anda bisa menggunakan aplikasi Root Explorer untuk memindahkan file android.hardware.usb.host.xml.

7. Buka Kembali Aplikasi USB Host Check

Setelah memindahkan file, maka Anda bisa membuka kembali aplikasi USB Host Check dan pilih “Re-check”. Apabila memang tidak ada masalah, maka semuanya akan tercentang warna hijau yang berarti smartphone Android yang Anda gunakan sudah support OTG.

Jika benar-benar sudah tercentang, maka kini smartphone Anda sudah mendukung fitur OTG sehingga membuat smartphone Anda bisa lebih mudah dan cepat melakukan transfer data berupa file, video, dan gambar ke media penyimpanan lainnya.

Demikianlah cara membuat smartphone Android mendukung fitur USB OTG.. Cara ini memang mengharuskan Anda untuk melakukan root pada smartphone terlebih dahulu. Apabila Anda masih bingung melakukan root, maka Anda bisa meminta bantuan pada ahlinya. Selamat mencoba!