Cara Membuat Foto 360 Derajat di Facebook

Sejak teknologi virtual reality diperkenalkan, foto dan video 360 derajat semakin populer. Facebook sudah menghadirkan fitur foto 360 derajat pada Juni 2016 lalu, namun sampai dengan hari ini, belum semua pengguna Facebook mengetahui cara menggunakan dan mengunggahnya di jejaring sosial tersebut. Cara membuatnya tidak terlalu sulit, bahkan pengguna tidak memerlukan memiliki perangkat khusus untuk membuat foto 360 derajat.

Cara Membuat Foto 360 Derajat di Facebook

Syarat Membuat Foto 360 Derajat
Sebelum melangkah lebih jauh, perlu diketahui bahwa foto 360 derajat dapat dibuat dengan menggunakan perangkat yang memiliki gyroscope sensor. Begitu pula jika ingin mengakses foto 360 derajat, perangkat yang digunakan pun harus support dengan gyroscope sensor. Pada intinya, gyroscope sensor adalah sensor yang berfungsi untuk mengubah tampilan layar dalam hitungan sepersekian detik. Prinsip kerjanya mempertahankan orientasi dengan ketetapan momentum sudut. Sensor ini dapat mendeteksi gerakan sesuai dengan gaya gravitasi.

Cara Membuat Foto 360 Derajat
Anda bisa membuat foto 360 derajat dengan kamera smartphone melalui fitur Panorama. Jadi, jangan lupa untuk mengubah mode kamera ke fitur Panorama terlebih dahulu. Anda kemudian bisa menggerakkan perangkat dari kiri ke kanan secara perlahan, atau menggerakkan kamera smartphone dengan arah yang lain. Pada umumnya, kamera smartphone dilengkapi fitur ini.

Jika tidak ada fitur Panorama, Anda bisa menggunakan aplikasi 360 derajat lainnya, seperti Google Street View, Google Camera, Cardboard Camera, atau Theta S. Jika tidak memiliki aplikasi tersebut, Anda pun bisa merangkai foto menjadi panorama dengan aplikasi tertentu, seperti PTGui. Pada intinya, foto harus diubah menjadi panorama untuk dinikmati 360 derajat.

Cara Memposting Foto 360 Derajat
Tidak ada cara khusus untuk mengunggah foto 360 derajat ke Facebook, sebab caranya sama seperti mengupload foto biasa. Anda bisa memilih Update Status atau Add Photo sebagaimana biasa, lalu memilih foto panorama yang sudah dibuat sebelumnya. Hanya saja, foto yang bisa dijadikan format 360 derajat akan dilengkapi logo bola kecil dengan angka 360 di dalamnya.

Sistem akan mengubah foto panorama ke tampilan 360 derajat secara otomatis. Facebook sendiri memberitahukan bahwa fitur ini dapat dinikmati jika pengambilan foto dilakukan dengan sudut mencapai 100 derajat atau lebih. Foto 360 derajat yang diakses dari smartphone dapat dinikmati dengan menggoyangkan perangkat ke kiri, kanan, atas, dan bawah. Jika dilihat dari komputer, Anda cukup menggerakkan kursor untuk menggesernya ke berbagai perspektif. Dan tentu saja, pengalaman paling berkesan dapat diakses dari perangkat virtual reality.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part