Cara Membuat Catatan Kaki di Microsoft Word 2007

Catatan kaki atau footnotes adalah sesuatu yang sangat lazim digunakan dalam standar penulisan sebuah karya tulis ilmiah, buku dan skripsi. Fitur pemberian footnotes, biasanya secara default terdapat dalam setiap software pemroses kata (word processor) seperti Ms. Word, OpenOffice dan lain sebagainya. Meski begitu, ada banyak sekali pengguna memberikan catatan kaki secara manual karena tidak mengerti caranya. Padahal, cara manual tentu saja jauh lebih merepotkan dibandingkan cara yang otomatis.

cara memberikan catatan kaki word

Pada posting tutorial kali ini, kita akan membahas cara membuat catatan kaki pada program Microsoft Word 2007. Cara yang relatif sama dapat diterapkan pada program Office versi lainnya.

1. Arahkan kursor mouse pada akhir paragraf atau kata yang ingin diberikan catatan kaki. Jika sudah, pilih menu references yang terletak pada menu seperti gambar berikut :

cara membuat catatan kaki word

2. Klik arrow yang terdapat pada bagian Footnotes untuk memunculkan jendela “Footnote & Endnote” seperti gambar dibawah :

cara membuat footnote office 2007

3. Silahkan pilih format catatan kaki yang Anda ingikan. Anda dapat memilih letak footnote, format karakter dan lain sebagainya. Perlu diingat untuk tidak merubah bagian yang tidak Anda pahami. Secara default, pengaturan footnote adalah standar baku. Jika sudah, silahkan klik Insert.
4. Pada bagian yang ingin Anda bubuhi footnote dalam langkah (1), akan muncul sebuah angka kecil yang dapat Anda berikan catatan. Tulislah konten dari catatan kaki tersebut sesuai dengan yang Anda kehendaki.
5. Sampai disini, catatan kaki sudah selesai Anda berikan. Silahkan ulangi metode pemberian footnote pada bagian lain yang diperlukan menurut seluruh langkah diatas secara berurutan.

Sedikit tips dalam pemberian catatan kaki adalah Anda dapat melakukan trial & error. Jika format footnote yang muncul tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, silahkan pencet tombol undo agar proses dapat diulangi kembali. Setelah terbiasa, Anda akan dapat dengan mudah memberikan catatan kaki pada bagian-bagian selanjutnya dari pekerjaan Anda.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Info Teknologi Terbaru:

cara membuat catatan kaki, cara membuat footnote, cara membuat catatan kaki di word, cara membuat catatan kaki di word 2007, cara membuat catatan kaki pada skripsi, langkah-langkah membuat footnote, gambar kaki, cara membuat footnote di word, Cara membuat foot not pada microsoft office, cara membuat catatan kaki di ms word