Cara Membuat Blog Gratis & Menghasilkan Uang

Bagaimana cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang? Pertanyaan ini sering muncul di pikiran banyak orang, dan mungkin termasuk Anda, saat melihat banyaknya blogger di Indonesia menunjukkan hasil melimpah dari bisnis online berbasis adsense sejak tahun 2008 lalu. Karena itulah Anda berpikir menjadi blogger itu pasti enak. Dengan modal hosting gratis saja, penghasilan yang didapatkan itu bisa mengalahkan gaji pekerja dikantoran.

Cara Membuat Blog Gratis & Menghasilkan Uang

Blog merupakan bentuk lain dari sebuah website. Jika dilihat secara sekilas, sebuah blog memiliki konsep yang sama dengan website berita. Namun, blog lebih terlihat ‘santai’, bahkan terkadang seorang blogger menuliskan topik mengenai kehidupannya sehari-hari atau tentang tutorial, misalnya make up, hijab dan sebagainya.

Layanan blog gratis yang paling banyak untuk memulai bisnis money blogging adalah dari Google sendiri yakni blogger.com. Selain blogger, ada banyak situs blog lainnya yang Anda temui di internet, salah satunya adalah wordpress.com. Namun, jika ingin mendapatkan uang, syarat utama yaitu memiliki email dari Google yaitu gmail. Sebelum dibeli oleh Google, Anda memang bisa membuat blog di blogspot dengan menggunakan provider email mana saja.

Pada kesempatan waktu lalu, kami telah memberitahukan tentang cara mudah membuat blog bagi pemula. Maka kali ini kami akan memberitahukan apa saja langkah-langkah untuk menghasilkan uang dari blog. Sebenarnya, cara ini sama sekali tidak susah ataupun ribet, hanya saja prosesnya perlu kesabaran dan ketekunan tingkat tinggi.

Berikut ini 5 langkah cara menghasilkan uang dari blog gratis yang sudah Anda buat sebelumnya:

Artikel berhubungan:  Cara Membatasi Kuota Hardisk Akun Windows

1. Menentukan Topik & Target Pembaca Blog
Langkah pertama yakni menentukan topik dan juga target pembaca blog. Sebelum Anda membuat blog, Anda harus sudah tahu topik apa yang akan dibahas di blog dan sudah menentukan siapa target pengunjung blog Anda.

2. Membuat Konten Berkualitas
Cuma punya blog saja belum tentu bisa menghasilkan uang. Karena itulah, Anda perlu mengisi blog dengan konten-konten berkualitas. Tanpa konten berkualitas maka blog Anda tidak akan ada pengunjungnya.

3. Mempromosikan Blog
Saat ini jumlah blogger di Indonesia telah sangat banyak yang artinya persaingan akan semakin ketat. Hanya bermodalkan konten berkualitas saja belum cukup untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung. Maka dari itu, Anda juga perlu mempromosikan blog Anda.

4. Menentukan Metode Monetisasi Yang Sesuai
Terakhir yaitu proses memanfaatkan blog yang telah dibangun dengan susah payah agar bisa menghasilkan uang. Proses ini biasa disebut “monetisasi blog“ atau bahasa Indonesianya “menguangkan blog”.

Terdapat banyak sekali metode monetisasi yang dapat dilakukan. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menemukan metode yang tepat untuk blog Anda sebab tidak semua blog cocok untuk dimonetisasi dengan cara yang sama. Metode yang dimasud seperti pasang iklan, review berbayar, jualan produk sendiri, jualan jasa sendiri, dan mengikuti program afiliasi.