Cara Memblokir Situs Menggunakan Web Proxy MikroTik

Pada awalnya, MikroTik dibentuk sebagai sebuah perusahaan jasa layanan internet (Internet Service Provide / ISP) dengan menggunakan teknologi nirkabel alias wireless di Latvia. Namun, kini MikroTik telah memproduksi begitu banyak memproduksi baik hardware maupun software yang berhubungan dengan konektivitas internet. Produk-produk mereka, seperti router, switch, hingga software sistem operasi router yang mereka namai MikroTik RouterOS, sudah banyak dipakai di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Cara Memblokir Situs Menggunakan Web Proxy MikroTik

Nah, salah satu isu yang banyak ditanyakan oleh para penggunanya di tanah air adalah bagaimana cara memblokir situs menggunakan web proxy MikroTik. Hal ini biasa ingin dilakukan oleh para pengelola jaringan komputer, entah di warnet maupun di kantor, di mana mereka tidak ingin para pengguna komputer memanfaatkan koneksi internet untuk mengakses situs atau konten tertentu. Dalam artikel berikut, kita akan membahas mengenai cara memblokir situs menggunakan web proxy MikroTik.

Apa itu proxy?
Meski proxy merupakan sesuatu yang sudah sangat jamak di kalangan pengguna internet masa kini, masih banyak orang yang belum begitu memahami apa yang dimaksud dengan proxy. Secara sederhana, proxy merupakan sebuah komputer server, atau bisa juga berupa program komputer yang mampu berlaku sebagai sebuah komputer virtual, yang melakukan request (permintaan) konten dari internet. Proxy bertindak sebagai jembatan antara klien dan internet.

Ada beberapa macam jenis proxy, termasuk Web Proxy, Intercepting Proxy, SSL Proxy, Reverse Proxy, dan lain-lain. MikroTik RouterOS hadir lengkap bersama dengan fitur Web Proxy, yang dapat kita manfaatkan untuk mengendalikan hak akses klien dalam sebuah jaringan.

Mudah-mudahan introduksi di atas sudah cukup jelas. Sekarang, let us go straight to the point!

Cara memblokir situs atau konten tertentu menggunakan web proxy MikroTik.
1. Aktifkan Web Proxy

Cara Memblokir Situs Menggunakan Web Proxy MikroTik 1

Pertama-tama, Anda perlu login ke MikroTik RouterOS dengan menggunakan Winbox. Lalu, di pad menu, pilih IP, lalu pilih Web Proxy. Beri tanda centang pada opsi Enable. Kemudian, Anda perlu menentukan di port berapa web proxy akan bekerja. Secara default, web proxy akan diatur untuk bekerja di port 8080.

Cara Memblokir Situs Menggunakan Web Proxy MikroTik 2

Nah, sekarang web proxy pada router MikroTik Anda baru berperan sebagai HTTP Proxy biasa. Komputer klien harus diatur terlebih dahulu agar menggunakan port 8080 supaya mereka mengakses internet via web proxy. Jika tidak, mereka tetap dapat mengakses internet tanpa perantara web proxy melalui port lain.

2. Aktifkan NAT
Tenang, kita tidak perlu repot-repot mengobrak-abrik komputer klien satu demi satu, kita cukup mengubah peran web proxy di router MikroTik menjadi Transparent Proxy. Caranya, gunakan fitur NAT yang juga tersedia di dalam MikroTik RouterOS untuk membelokkan semua arus traffic HTTP (TCP 80) dari seluruh klien ke web proxy router MikroTik. Silahkan buka menu IP, lalu pilih Firewall, lalu pilih NAT, dan klik lambang +.

Artikel menarik:  5 Smartphone Berukuran Kecil dengan Performa Monster Terbaik

Cara Memblokir Situs Menggunakan Web Proxy MikroTik 3

3. Blokir situs web
Nah, sekarang semua lalu lintas data dari komputer-komputer klien harus melewati web proxy router MikroTik Anda. Langkah berikutnya adalah mengatur hak akses klien ke website-website tertentu. Cukup buka menu Web Proxy, lalu klik tombol Access.

Cara Memblokir Situs Menggunakan Web Proxy MikroTik 4

Dalam jendela baru yang ditampilkan, Anda perlu menambahkan peraturan (rule) baru. Klik ikon + di sudut kiri atas. Di jendela berikutnya, definisikan situs web yang hendak diblokir di kotak Dst. Host. Perhatikan bahwa kita bisa menggunakan tanda bintang (*) sebagai suatu wild card untuk menggantikan semua karakter. Sehingga, sebagai contoh, bila kita menuliskan *porn*, maka semua URL yang mengandung kata “porn” tidak akan bisa diakses, tanpa peduli karakter apa yang ada di depan maupun di belakang kata “porn”. Jangan lupa untuk menentukan tindakan yang akan diaplikasikan di kotak Action, yakni Deny.

Cara Memblokir Situs Menggunakan Web Proxy MikroTik 5

Di kotak Redirect To, kita juga bisa menentukan ke mana komputer klien akan dialihkan ketika ia mencoba mengakses situs web yang diblokir. Kotak ini harus berisi alamat web yang benar dan tepat jika diisikan (jangan pakai tanda * yah).

4. Blokir jenis ekstensi file
Tidak hanya mampu memblokir nama domain atau URL, web proxy MikroTik juga bisa memblokir menurut ekstensi file pada sebuah URL. Kita memblokir jenis ekstensi file tertentu, seperti. 3gp, .mp4, .exe, .zip, dan lain-lain, untuk mencegah komputer klien mengunduh (download) file yang memiliki ekstensi atau format tersebut.

Kalau pemblokiran hendak dilakukan berdasarkan jenis ekstensi file, Anda cukup menuliskan jenis ekstensi file yang dimaksud pada kotak Dst. Host. Jangan lupa gunakan tanda * di depan dan belakangnya.

Ingat, Anda bisa menerapkan beberapa rule secara sekaligus. Sama seperti Firewall Filter, Simple Queue, dan NAT,rule web proxy dibaca secara berurutan dari rule bernomor nol (0).

Semoga bermanfaat!