Cara Memberi Password pada File PDF

Mengunci file PDF terkadang perlu dilakukan untuk melindungi konten di dalamnya agar tidak disalahgunakan orang lain. Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda mengunci file PDF adalah PDF-XChange Editor. Anda dapat dengan mudah mengunduhnya melalui link ini. Setelah itu, silakan Anda melakukan proses install agar aplikasi bisa dijalankan.

Cara Memberi Password pada File PDF

Berikut adalah cara memberi password pada file PDF :

1. Untuk mengunci file PDF, Anda perlu membuka terlebih dulu file PDF yang dimaksud dengan aplikasi PDF-XChange Viewer. Anda kemudian masuk ke menu “File”, lalu pilih “Document Properties” (Ctrl + D).

Cara Memberi Password pada File PDF 4

2. Pada bagian “Categories”, pilih “Security” hingga tampak seperti gambar di bawah ini.

Cara Memberi Password pada File PDF 2

3. Pada bagian “Document Security Settings”, Anda akan menemukan tab “Security Method”. Klik tab tersebut, lalu pilih “Password Security” untuk melakukan pengaturan password sesuai kebutuhan Anda.

4. Pada jendela “Password Security Settings”, Anda akan ditawarkan sejumlah pilihan apakah Anda ingin memberikan password saat membuka dokumen saja atau saat melakukan editing dan mencetak dokumen juga. Anda bisa memilih salah satu atau memilih kedua pilihan tersebut dengan memberikan tanda ceklis pada kotak kecil yang tersedia, lalu mengetikkan password Anda.

Artikel berhubungan:  Membedakan Shut Down, Sleep dan Hibernate

Cara Memberi Password pada File PDF 3

Opsi yang kedua lebih spesifik, yaitu berfungsi untuk melindungi file Anda dari tindakan copy-paste orang lain serta membuat file PDF tidak akan bisa dicetak tanpa sepengetahuan Anda. Anda tetap bisa membiarkan orang lain mencetak file namun dengan kriteria tertentu yang dapat diatur pada bagian “Permissions” di sebelah bawah.

5. Langkah berikutnya, klik “OK” untuk menyimpan pengaturan.

6. Anda akan diberitahu bahwa pengaturan belum bisa diaplikasikan sampai Anda menyimpan dan menutup file. Maka sebagai langkah terakhir, Anda masuk ke menu “File”, lalu “Save” (Ctrl + S). Pada bagian atas file akan muncul gambar ikon gembok yang menandakan bahwa file Anda kini berhasil diproteksi dengan password.

Cara Memberi Password pada File PDF 4

Semoga bermanfaat.