Cara Membedakan Windows Asli dan Bajakan

Anda perlu berhati-hati jika hendak membeli Windows, sebab banyak Windows palsu atau bajakan yang beredar dengan harga terjangkau atau sama dengan Windows asli. Pembajakan ini di Indonesia sendiri terbilang sangat tinggi. Menurut data Microsoft, Indonesia berada di urutan kedua tertinggi untuk tingkat infeksi virus di wilayah Asia-Pasifik. Windows asli jelas lebih aman karena selalu update, berbeda dengan versi bajakan yang tidak update.

Cara Membedakan Windows Asli dan Bajakan

Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk membedakan Windows asli dan bajakan :

Windows Asli
Windows asli atau disebut juga Windows Genuine memiliki satu unit CD Master yang hanya bisa dipakai oleh satu perangkat saja. Misalnya, satu komputer atau satu laptop saja. Penggunaannya pun hanya bisa dilakukan dalam satu kali aktivasi, kecuali jika Anda membeli beberapa serial lisensi, maka CD Master bisa dipakai oleh beberapa perangkat dan digunakan dalam beberapa kali aktivasi sesuai dengan jumlah lisensi yang dibeli.
Lebih lanjut, CD Master Windows Genuine umumnya diperoleh dengan cara membeli dari agen resmi Microsoft atau dibeli secara paket terpisah dengan komputer atau laptop. Hal ini pun ditandai dengan adanya stiker logo kecil Windows yang memberitahukan Anda bahwa perangkat yang dibeli sudah satu paket dengan Windows yang asli. Anda berhak memastikan lagi dengan konfirmasi langsung kepada penjual. Logo ini terletak di bagian casing depan.

Windows asli juga akan mendapatkan berbagai dukungan layanan dari Microsoft, seperti fitur keamanan, perbaikan bug, dan fitur-fitur lainnya yang diperoleh dari update Microsoft secara langsung. Setelah update, Anda tidak akan menemukan adanya pesan Windows bajakan yang biasanya terdapat di pojok kanan bawah pada layar monitor komputer atau laptop. Berbeda dengan Windows bajakan yang akan menampilkan pesan ini setelah dilakukan update.

Baca Juga :  Apa Itu Unified Extensible Firmware Interface (UEFI)?

Windows Bajakan
Windows bajakan memiliki satu unit CD Master yang bisa dipakai oleh banyak perangkat. Windows yang terdapat di dalamnya bisa jadi didapatkan dari dua cara, yaitu dengan copy dari CD Master Windows Genuine atau hasil download dari versi Windows yang ada di internet. CD Master untuk Windows bajakan bukan dibeli dari agen resmi Microsoft. Ketika membeli komputer atau laptop, Anda tidak menemukan stiker logo Windows pada perangkat.

Berbeda dengan Windows asli yang mendapatkan layanan update, Windows bajakan sama sekali tidak update. Kalaupun ada, jangka waktunya tertentu, artinya tidak selamanya. Setelah dilakukan update, akan muncul pesan di pojok kanan bawah pada layar monitor komputer atau laptop. Hal ini juga diikuti dengan layar monitor yang berubah menjadi wallpaper hitam. Dalam beberapa kasus, harga Windows bajakan lebih murah daripada Windows asli.

Jika punya budget berlebih, sebaiknya Anda membeli perangkat yang sudah install dengan Windows asli. Jika harus membeli secara terpisah, pastikan ada stiker logo resmi Windows pada perangkat. Anda berhak bertanya kepada pihak distributor. Jika tidak ada stiker resmi, bisa jadi Windows yang dibeli adalah versi bajakan. Meskipun terkesan lebih murah, Windows bajakan lebih rentan terhadap cyber crime, seperti kasus pencurian data.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part