Seputar Tekno

Cara Memasang SSD ke Laptop

Apakah Anda memiliki komputer atau laptop model lama yang tidak bisa memberikan kinerja yang Anda harapkan? Jangan terburu-buru untuk menjualnya atau membeli laptop baru, cukup gantikan saja harddisk bawaan laptop Anda dengan SSD (Harddisk Solid State) untuk meningkatkan kinerja sistem komputer dengan pengalaman bermain yang lebih cepat.

Cara Memasang SSD ke Laptop

Banyak sekali manfaat yang bisa di ambil bila laptop Anda beralih ke SSD (http://gaptex.com/5-alasan-beralih-ke-ssd/), antara lain umumnya untuk waktu booting dan muat aplikasi lebih cepat serta SSD sangat mudah untuk di instal, sehingga Anda dapat menyelesaikan serta menjalankannya dalam waktu singkat dan terasa membeli sistem yang sangat baru. Umumnya, cara memasang SSD ke laptop cukup mudah namun terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda mulai mengganti harddisk, yaitu:
· Pastikan Anda mengetahui dan memahami setiap informasi yang berhubungan dengan garansi SSD. Setiap pekerjaan ilegal pada sistem dapat membatalkan garansi pabrikan sistem.
· Anda harus meninjau intruksi keamanan di dalam buku panduan sistem sebelum menggarap komputer Anda.
· Bagi pengguna PC, sebaiknya sistem telah menjalankan Windows 7 atau versi yang lebih baru. Selain itu, sebaiknya periksa pengaturan BIOS Anda dan perbarui pengaturan tersebut sesuai kompatibiltas pada SSD.

Kemudian, terdapat beberapa benda yang akan Anda perlukan sebelum akhirnya menyematkan SSD baru ke PC yakni buku panduan produk laptop, tali pergelangan ESD, casing hard disk USB eksternal, kabel USB, perangkat lunak transfer data dan sebuah obeng kecil. Sebelum memasang SSD ke laptop, alangkah baiknya Anda melakukan copy data dari hard disk yang lama ke SSD baru dengan cara melakukan transfer data lewat HDD atau USB eksternal. Jika sudah selesai mentransfer data, Anda pun dapat memasang SSD yang baru ke laptop Anda dengan cara berikut ini:
· Matikan laptop dan lepaskan baterainya.
· Lalu lepas harddisk yang lama. Intruksi ini dapat Anda lihat pada buku panduan produk laptop Anda.
· Lepas penyangga yang berupa klem pemasang dari harddisk dan pasang ke harddisk yang baru.
· Masukkan harddisk baru dan kencangkan sekrup-sekrupnya menggunakan obeng kecil.
· Pasang kembali baterai dan hidupkan laptop untuk memeriksa apakah SSD sudah terdeteksi atau belum.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, maka laptop akan bekerja dengan kinerja sistem SSD yang memiliki kecepatan luar biasa. Semoga bermanfaat!