Blogging

Cara Memasang Password di Postingan WordPress

Pernahkah Anda berpikir untuk membuat postingan blog khusus untuk teman dekat atau anggota keluarga? Atau, mempublikasikan suatu artikel hanya bagi editor di website WordPress Anda? Sebagai sebuah platform publikasi konten, WordPress hadir disertai dengan beberapa pengaturan visibilitas konten dasar yang sering kali diabaikan oleh kebanyakan pemula. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara memasang password di halaman atau postingan WordPress.

Cara Memasang Password di Postingan WordPress

Ketika menulis suatu postingan, ada sebuah menu pilihan yang bernama “Visibility”. Menu pilihan ini diatur menjadi Public dalam keadaan default, yang berarti semua orang dapat melihat isi dari postingan tersebut setelah dipublikasikan. Bila Anda meng-klik Edit, maka Anda bisa melihat pilihan lain seperti Password Protected dan Private.

Cara Memasang Password di Postingan WordPress 1

Cukup pilih opsi Password Protected untuk memberikan password pada postingan Anda. Dengan demikian, hanya orang yang memiliki password yang nanti bisa melihat isi postingan begitu dipublikasikan. Sementara, sebagai informasi, opsi Private akan membuat postingan Anda hanya dapat dilihat oleh pengguna yang sudah log-in ke akun WordPress mereka dan juga memiliki level Editor atau Administrator.

Trik yang sama dapat Anda lakukan untuk memasang password di halaman WordPress. Ketika membuat halaman baru atau meng-edit halaman lama, Anda bisa mengatur Visibility menjadi Password Protected atau Private.

Akan tetapi, postingan-postingan yang telah Anda pasangi password tetap dapat muncul di halaman beranda website serta di arsip. Kalau Anda ingin benar-benar menyembunyikan mereka secara total, Anda bisa memasukkan kode berikut di file functions.php tema atau di plugin yang site-specific.

01 // Hide protected posts
02
03 function exclude_protected($where) {
04 global $wpdb;
05 return $where .= ” AND {$wpdb->posts}.post_password = ” “;
06 }
07
08 // Where to display protected posts
09 function exclude_protected_action($query) {
10 if( !is_single() && !is_page() && !is_admin() ) {
11 add_filter( ‘posts_where’, ‘exclude_protected’ );
12 }
13 }
14
15 // Action to queue the filter at the right time
16 add_action(‘pre_get_posts’, ‘exclude_protected_action’);

Dengan demikian, postingan-postingan tersebut tidak akan ditampilkan di halaman beranda serta arsip. Tetapi, Anda tetap bisa mengirimkan URL beserta password-nya kepada orang lain yang berhak menerima akses.

Semoga bermanfaat!