Cara Melihat IP Address Komputer Sendiri

IP address adalah label berbentuk angka (numerik) yang diberikan kepada perangkat (PC, laptop, gadget, dsb) yang berada dalam jaringan yang menggunakan internet protokol untuk berkomunikasi. Fungsi dari ip address atau alamat ip adalah identifikasi antarmuka jaringan dan lokasi pengalamatan. Banyak orang ingin mengecek dan mengetahui ip address di komputer miliknta tetapi bingung karena tidak mengetahui caranya.

Nah, dalam post kali ini, kita akan belajar cara melihat ip address komputer kita.

Pada dasarnya, ada 2 macam ip address yang harus kita bedakan. Pertama adalah ip address lokal dan yang kedua adalah ip address publik. Beda ip address, beda pula cara kita melihatnya.

1. IP addres lokal
Untuk melihat ip address lokal, Anda dapat membuka cmd yang ada pada setiap PC yang sudah terinstall sistem operasi. Caranya adalah membuka menu windows kemuadian piih “run”. Ketikkan cmd. Pada layar yang keluar ketik ipconfig. Disana akan terpampang jelas ip address komputer Anda

Artikel berhubungan:  5 Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

ipaddress

2. Ip address publik
Cara melihat ip address publik PC Anda adalah dengan membuka website. Ada beberapa web yang bisa Anda gunakkan secara gratis, satu diantaranya adalah http://whatismyipaddress.com/

Sesaat setelah Anda membuka web tersebut, maka akan muncul ip address Anda berikut lokasi dan ISP kita seperti gambar dibawah.

ip2

So, sudah tidak bingung lagi kan untuk melihat ip address di komputer kita?