Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang

Pernahkah Anda kehilangan smartphone? Entah itu memang dicuri orang atau hilang atas kesalahan Anda sendiri yang ceroboh menaruh ponsel pintar itu disembarang tempat. Jika smartphone hilang, pasti Anda langsung panik, cemas, sedih dan kesal dalam waktu bersamaan. Kalaupun sudah begitu, Anda jadi pasrah atas kehilangan ponsel kesayangan itu dan mulai berencana untuk membeli ponsel yang baru.

Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang

Kehilangan ponsel memang menjadi hal yang menyedihkan, tapi Anda jangan sampai cepat menyerah. Apabila melacak iPhone yang hilang saja bisa, tentu ponsel berbasis Android pun juga bisa. Terlebih lagi, Anda tak perlu mengunduh aplikasi macam-macam dari pihak ketiga untuk melacak smartphone Android yang hilang tersebut.

Seperti yang Sobat Gaptex ketahui, perangkat Android didukung penuh oleh Google. Karena itulah, Anda bisa mencoba untuk lacak smartphone Android yang hilang tersebut menggunakan layanan milik Google. Selain memberi Google apresiasi, cara ini juga tentunya lebih akurat dibandingkan Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lain. Layanan dari Google ini adalah Android Device Manager.

Untuk berjaga-jaga kalau takut ponsel Android hilang, segera download aplikasi Android Device Manager dan install di smartphone Anda. Aplikasi ini sangat berperan penting untuk mencari Android yang hilang. Fungsi utama dari Android Device Manager adalah untuk mengendalikan perangkat Android dari jarak jauh apabila sewaktu-waktu hilang. Dengan mengaktifkan layanan ini, Anda bukan hanya melacak, mengunci smartphone, dan menghapus data yang ada di smartphone.. Cara melacak smartphone Android yang hilang sebagai berikut:
· Setelah aplikasi Android Device Manager terinstal, silahkan buka aplikasinya lalu klik Accept atau Terima.
· Selanjutnya, silahkan login dengan akun Google yang aktif pada smartphone Android Anda. Ingat, harus akun Google yang aktif dan telah terhubung di ponsel yang digunakan.
· Jika Anda menggunakan 2 smartphone, Anda dapat menemukan lokasi ponsel yang hilang langsung dari ponsel yang lain.
· Selanjutnya, tinggal pilih perintah yang ingin Anda berikan, apakah akan memaksanya untuk berdering, menguncinya, atau bahkan menghapus datanya.

Artikel berhubungan:  Info Perizinan Usaha POM & P-IRT di Indonesia

Jika Anda tidak punya smartphone lain untuk melacak ponsel yang hilang, jangan khawatir karena Anda dapat menggunakan aplikasi Android Device Manager lewat komputer. Secara garis besarnya, langkah-langkah yang ditempuh melalui PC sama dengan cara di atas. Anda hanya perlu mengakses ke website resminya di www.google.com/android/devicemanager.