Cara Jitu Mempercepat Startup Windows 7

Proses startup Windows 7 yang lamban memang terkadang membuat jengkel, terlebih jika kita sedang terburu-buru. Seperti yang kita semua tahu, Windows 7 memang memiliki proses booting yang lelet secara ‘bawaan’, entah apa soalnya. Secara default, Windows 7 memang lebih ‘berat’ dibandingkan OS Windows versi lain yang lebih ringan seperti XP, Vista, dsb.

Untungnya, ada trik yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membuat hal tersebut tak menjadi kendala. Dalam posting seri tutorial kali ini, kita akan mempelajari cara mempercepat startup Windows 7 secara mudah, cepat dan jitu.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses booting pada Win 7 :
1. Klik menu start kemudian ketik Msconfig pada kotak search, enter.  Atau Anda juga bisa masuk ke menu msconfig melalui program “run”.
2. Pada system configuration yang muncul pilh boot.
3. Klik Advance options
4. Pada jendela BOOT advance options, check ‘Number Of Processors’. Pilih angka 2 atau 4 sesuai dengan prosessor PC/laptop Anda. 2 jika Anda menggunakan dual-core dan 4 untuk quad-core seperti gambar dibawah :

Artikel berhubungan:  Apa itu Landing Page?

Cara Jitu Mempercepat Startup Windows 7
5. Pilih OK. Lakukan reboot. Anda akan dapat melihat langsung bagaimana perubahan kecepatan startup yang terjadi.
6. Selesai

Selain cara diatas, satu hal lagi yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses booting adalah dengan menon-aktifkan program yang berjalan pada startup. Untuk melakukannya sama seperti trik pertama diatas yaitu melalui msconfig pada tab ‘startup’. Uncheck seluruh program yang dirasa tidak perlu, kemudian tekan ‘apply’. Komputer akan otomatis restart setelah perubahan dilakukan.

So, sekarang sudah tahu kan cara mengatasi leletnya startup Windows 7 yang suka bikin pusing?