Tips & Trik

Cara Dapat Akses Root Tanpa Rooting di Android

Salah satu kelebihan dari perangkat berbasis Android yaitu platform ini bisa dilakukan rooting oleh penggunanya. Jika perangkat Android di root, maka Anda mampu mengakses dan mengeksekusi semua pengaturan command, sistem, manajemen home, penggunaan file, widget, icon, atau bahkan file sekalipun. Lantas, bagaimana jika Anda tidak mau rooting smartphone tapi menginginkan akses root tersebut? Jangan khawatir karena kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara dapat akses root tanpa rooting di Android.

Setelah sebelumnya Sobat sudah mengetahui definisi root dan rooting pada ponsel Android, pastinya Anda juga tahu apa saja keuntungan dari root bukan? Dengan memiliki akses root, Anda bisa dengan leluasa mengatur ulang sistem yang tersemat pada Android. Bahkan, Anda bisa membuat ponsel jadi hemat RAM dan hemat baterai. Lebih hebatnya lagi, Anda bisa merubah sistem, seperti install custom ROM atau menghapus bloatware.

Namun sayangnya, melakukan root bisa dikatakan sebagai tindakan ilegal oleh beberapa brand smartphone sehingga Anda dapat kehilangan garansi resmi dari ponsel tersebut. Demi mendapatkan hak-hak istimewa di atas, mungkin Anda mau-mau saja menanggung hal tersebut. Atas dasar inilah, sebagian orang enggan melakukan rooting pada smartphone mereka, padahal mereka juga mau mendapatkan kesempatan untuk mengekspansi fitur-fitur di dalam Android.

Jika Anda termasuk dalam kelompok tersebut, mungkin Anda membutuhkan aplikasi tambahan yang membantu untuk mendapatkan akses root tanpa rooting di Android. Anda bisa mendownlod MoboClean di halaman resmi aplikasi tersebut.

Mengenal Aplikasi MoboClean
MoboClean ialah aplikasi pihak ketiga yang sudah tersedia untuk Android sejak versi 4.0 Ice Cream Sandwich. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menyetel aplikasi berhenti berjalan di background, mengatur akses suatu aplikasi, hingga block autostart. MoboClean juga menjadi aplikasi multifungsi yang memberikan Anda akses istimewa, seolah smartphone Anda sudah diroot sebelumnya. Beberapa fitur yang tersemat di dalamnya yaitu:
– Tidak membutuhkan akses root
– Melindungi privasi pengguna
– Mematikan autostart
– Mengatur notifikasi
– Mematikan aplikasi yang berjalan di background
– Menyamarkan lokasi dan tipe perangkat

Setelah di download, MoboClean akan menggantikan aplikasi default di perangkat Anda dengan aplikasi yang sudah di bersihkan oleh sistem MoboClean. Maksud dibersihkan disini ialah terbukanya akses kepada permission aplikasinya, seperti contoh izin berjalan di background, izin akses ke sistem telepon (panggilan, lokasi, SMS, izin autostart, dan sebagainya.

Tidak hanya untuk membuka akses ke permission, aplikasi MoboClean juga didukung dengan berbagai fitur yang akan mempermudah Anda dalam mengatur aplikasi. Semua fitur yang terdapat di dalamnya, hampir seluruhnya mendapatkan akses root meskipun perangkat tidak pernah di rooting sebelumnya. Adapun akses root yang didapatkan adalah:

1. Hemat Baterai dan juga RAM
Pasalnya salah satu peran besutan aplikasi MoboClean ialah bisa menutup atau menonaktifkan aplikasi Android yang sedang berjalan di monitor background, jadi tidak heran jika aplikasi ini bisa membuat kinerja RAM dan juga baterai lebih hemat dan efisien. Biasanya fitur ini hanya dapat ditemukan di aplikasi Greenify yang membutuhkan akses root. Hebat bukan?

2. Melindungi Privasi Android
Berkat aplikasi MoboClean, Anda jadi dapat mengatur aplikasi mana saja yang bisa mengakses kontak, riwayat panggilan, SMS, hingga lokasi Anda, sehingga Sobat Anda tidak perlu khawatir akan keamanan privasi yang direkam oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab melalui aplikasi yang diinstal.

3. Hentikan Pemberitahuan Mengganggu
Lewat aplikasi MoboClean, Anda dapat menonaktifkan pemberitahuan aplikasi yang selalu mengganggu pengoperasian ponsel Android. Jadi Anda bisa dengan leluasa mengatur pemberitahuan aplikasi mana saja yang akan masuk ke Android. Perlu diketahui, hal ini bisa menghemat baterai.

4. Samarkan Lokasi dan Tipe Smartphone
Apakah Anda pernah merasa malu karena masih menggunakan Android murah? Dengan aplikasi MoboClean, Anda akan mendapatkan akses istimewa untuk menyamarkan tipe perangkat yang Anda gunakan. Hal ini biasanya akan bermanfaat ketika Anda mengunjungi suatu forum atau berkirim email, dimana secara default, nama perangkat Andaa akan menjadi signature.

Selain menyamarkan tipe smartphone, Anda juga bisa menyamarkan lokasi. Lebih hebatnya lagi, Anda bisa mengatur aplikasi apa saja lokasi yang ingin disamarkan. Kebanyakan anak muda saat ini menggunakan sosial media Path, dan jika Sobat termasuk, maka Anda bisa menyamarkan lokasi dengan menggunakan MoboClean.

Cara Menjalankan MoboClean
– Instal aplikasi MoboClean pada perangkat Android
– Geser ke kanan untuk membaca Syarat dan Ketentuan, beserta fungsi dari MoboClean
– klik “Renew Your Android”, dan klik centang “I have agreed the Software license and service”
– Klik Optimize
– Lalu, pilih aplikasi yang ingin Anda atur untuk mendapatkan akses root. Setelah pilih, klik centang aplikasi di kotak kosong
– Klik “Clean”
– Klik OK jika aplikasi membutuhkan izin
– Anda perlu melakukan uninstall secara otomatis, kemudian klik OK
– Aplikasi akan membersihkan data dan melakukan instalasi ulang yang sudah di uninstal tadi secara aman
– Hal tersebut untuk mendapatkan akses dan kontrol penuh seperti root.