Tips & Trik

Cara Bermain Saham Online untuk Pemula

Bermain saham online kini telah menjadi bagian dari gaya hidup umat manusia. Berbagai keuntungan yang bisa kita ambil melalui aplikasi investasi saham online dari perusahaan yang dipilih. Bila ingin memperoleh keuntungan besar, para investor saham online harus tahu seluk-beluknya bermain saham.

Cara Bermain Saham Online untuk Pemula

Namun bagaimana untuk para pemula yang baru mencoba? Mungkin mereka bingung dan kesan sekilas yang ditangkap ialah mendapat resiko akan rugi banyak. Padahal bermain saham online juga dapat memberi keuntungan berlipat ganda.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk para pemula jika ingin bermain saham? Mari kita simak penjelasannya:

1. Pelajari secara mendalam semua tentang saham
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah belajar. Sudah pasti Anda harus mengerti apa itu saham, bagaimana cara kerja market saham ini, siapa saja pelakunya, faktor-faktor yang berpengaruh, bagaimana cara analisa baik fundamental dan juga teknikal, dan lain sebagainya.

2. Mempersiapkan dana yang diperlukan
Bukan bermain saham namanya bila tidak ada biaya. Maka dari itu Anda harus menyiapkan dana. Walaupun sekarang dana yang dibutuhkan untuk investasi saham online tidak sebesar tahun lalu.

3. Memilih Broker dan Daftar Akun Trading
Untuk bisa bermain saham, tentu saja Anda harus mempunyai akun trading di salah satu perusahaan sekuritas (sering disebut Broker) yang menyediakan layanan investasi saham online. Beberapa perusahaan sekuritas/broker saham online yang menyediakan trading online antara lain :
• IPOT Indonesia
• Mandiri sekuritas
• BNI sekuritas
• Etrading Securities
• CIMB Securities Indonesia
• Danareksa Sekuritas

4. Menginstall Platform Trading Saham
Sebelum menyerahkan dana, Anda harus menginstall terlebih dahulu platform atau software yang di sediakan oleh broker pilihan Anda. Untuk belajar dulu, Anda bisa menggunakan akun demo yang biasanya di berikan oleh broker. Silahkan pelajari dengan seksama dan pratekkan dalam akun demo tersebut sampai Anda benar-benar siap.

5. Deposit Akun
Jika Anda merasa sudah siap dalam segi materi dan rohani dan sudah menguasai platform trading yang disediakan, silahkan untuk melakukan deposit ke dalam akun perusahaan sekuritas yang Anda buka. Besar minimal deposit setiap broker berbeda-beda. Setelah dana deposit modal masuk ke dalam akun trading, maka Anda pun sudah siap melakukan transaksi dan bermain saham online.