Cara Akses FTP via Command Prompt

Bagi pengelola situs web, Anda pasti telah akrab dengan File Tranfer Protocal alias FTP. FTP ini memang menjadi protokol standar untuk mengirim file dari komputer lokal ke server. Protokol ini pun biasa dipakai untuk mengunduh file berukuran cukup besar.

Cara Akses FTP via Command Prompt

Untuk mendukung pengiriman file lewat FTP, dibutuhkan software pendukung yang bisa mengakses FTP. Software seperti WS_FTP dan Smart FTP adalah dua dari sekian banyak software FTP yang tersedia di Internet. Kebanyakan software-software semacam ini bisa diunduh dalam bentuk shareware atau trial. Untuk bisa menggunakan lebih dari 30 hari Anda harus membuat sejumlah uang.

Nah, kalau Anda ingin yang gartisan mudah saja, Microsoft telah menyediakan. Software ini telah tersedia di Windows dan dapat diakses dari Command Prompt. Langkah-langkah mengaksesnya, ikuti saja trik berikut ini:
1. Jalankan Command Prompt dari menu Start >All programs Accessories > Command Prompt.
2. Pada jendela Command Prompt ketik perintah ftp.
3. Untuk melakukan koneksi ke server FTP, ketik perintah open ftp.namadomainanda.com.
4. Sesaat kemudian Anda akan terkoneksi ke server FTP ditandai dengan ucapan selamat datang dari server dan permintaan username. Masukkan username Anda di server FTP tersebut berikut passwordnya.
5. Untuk masuk ke direktori tertentu di sever, masukkan perintah cdnamadirektori.
6. Apabila Anda sudah berada di rektori yang dituju, ketik perintah dengan format send namefile.php untuk upload atau mengirimkan file lokal Anda ke server. Sebaliknya, jika Anda ingin mengunduh file dari server, ketik perintah dengan format recv namefile.jpg atau getnamefile.jpg.
7. Untuk memutuskan koneksi, FTP ketik disconnect atau close. Anda juga bisa langsung mengakhiri sesi dan keluar dari FTP dengan perintah quit atau bye.

Share Button
Baca Juga :  [Tutorial] Cara Mudah Mengamankan Facebook Dari Hacker

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part