Cara Agar Layar Android Lebih Sensitif & Responsif

Saat Anda sedang asyik mengoperasikan smartphone dan merasakan hal yang cukup mengganggu aktivitas adalah layar yang tak responsif. Touchscreen atau layar sentuh merupakan sebuah perangkat input dalam smartphone, khususnya di Android, yang dapat berkerja dengan adanya sentuhan pada tampilan layar dengan menggunakan jari tangan ataupun Stylus Pen.

Cara Agar Layar Android Lebih Sensitif & Responsif

Saat ini, telah tersedia banyak jenis layar Android seperti TFT LCD, IPS LCD, OLED, AMOLED, hingga SUPER AMOLED yang tersemat pada ponsel premium seperti Galaxy S8. Dari jenis yang berbeda, tentunya memiliki tingkat kualitas yang berbeda pula, mulai dari tingkat resolusinya sampai tingkat kesensitifannya. Namun meskipun smartphone mahal, terkadang touchscreen terasa kurang responsif karena memori RAM yang penuh atau memang faktor layar sendiri yang kurang memadai. Hal ini tentu akan membuat Anda kesal dan seakan-akan ingin membanting ponsel tersebut.

Lantas bagaimana caranya agar layar android lebih sensitif dan responsif? Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan yaitu:

1. Restart Smartphone Android
Langkah ini tergolong sangat ampun dan paling mudah dilakukan untuk mengembalikan tingkat sensitif maupun responsif pada touchscreen Android. Hal itu dikarenakan sistem akan bekerja secara normal seperti sediakala setelah direstart.

Artikel berhubungan:  Cara Mengatasi HP yang Terendam Air

2. Membersihkan RAM Android
Sebelumnya, kami telah memberitahukan perihal cara memaksimalkan kinerja RAM Android. Langkah ini dilakukan untuk melegakan memori RAM agar ponsel tidak terlalu berat untuk menjalankan sebuah aplikasi. Pemakaian RAM penuh juga menjadi pemicu terjadinya layar sentuh tidak lagi responsif.

3. Kalibrasi Layar Smartphone Android
Proses kalibrasi sama dengan mengembalikan layar sentuh ke tingkat settingan awal (pabrik) yang berarti Anda melakukan kalibrasi layar untuk meningkatkan kesensitifan touchscreen tersebut. Bagi pengguna ponsel Android yang tidak dilengkapi fitur kalibrasi layar, Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk mengalibrasi layar Android.

4. Bersihkan Ponsel Anda
Tidak responsif-nya layar mungkin saja berasal dari faktor eksternal dimana layar sudah terlalu banyak kotoran yang menempel. Oleh sebab itu, sekali-kali bersihkan kontak perangkat dan layar dengan memakai isopropil alkohol dan sikat kecil. Sebelum membersihkan, sebaiknya matikan perangkat terlebih dahulu supaya lebih aman.