Berita

Canon Luncurkan Perangkat Drone Pertamanya

Siapa yang tidak mengenal merk Canon? Pastinya bila Anda mendengar nama brand itu, langsung terlintas di pikiran Anda adalah kamera digital, DSLR ataupun mirrorless. Namun tahukah Sobat Gaptex bahwa Canon mulai memproduksi perangkat Drone pertamanya yang bertajuk PD6E2000-AW-CJ1.

Canon Luncurkan Perangkat Drone Pertamanya

Seakan tak merasa cukup dengan nama besar di dunia fotografi, Canon, pabrikan elektronik asal Jepang tersebut secara diam-diam memperluas kemampuan rancang bangun fotografi miliknya menjadi aerial atau fotografi dirgantara. Walaupun masih dalam jangkauan yang sama, namun ada inovasi baru yang tampaknya mengharuskan Canon mempunyai perangkat teknologi dirgantara tersebut.

Semua itu bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan oleh merk ternama itu mengingat ada sebuah perangkat Drone atau pesawat tak berpilot andalan mereka yang kabarnya berhasil diciptakan. Mengandalkan dukungan 6 rotot baling-baling, drone ini disebut model PD6E2000-AW-CJ1. Perangkat tidak berawak itu telah dilengkapi keberadaan kamera ultra high end ME20F-SH buatan Canon sendiri yang dapat dimanfaatkan pada situasi penyelamatan atau pencarian insiden apapun.

Platform drone besutan Canon tersebut tampaknya tidak jauh berbeda dari peralatan serupa dikelasnya seperti sistem M600 modular DJJ. Bukan hanya itu, drone PD6E2000-AW-CJ1 juga menambahkan kehebatan ISO 4 juta sehingga membuat kamera ME20F-SH itu mampu digunakan dalam situasi ekstrim yang minim cahaya bahkan gelap sekalipun. Selain bisa digunakan dalam berbagai keadaan cuaca, pijakan drone dua-axis yang tersemat di dalamnya mampu membawa berat maksimal 10 kg.

Artikel menarik:  WhatsApp Business Resmi Tersedia di Indonesia

Sepertinya Canon memang sengaja menyasar pasar segmen kelas atas saat ini karena kabarnyan drone PD6E2000-AW-CJ1 akan dibanderol seharga 20.000 USD atau sekitar Rp 267 jutaan per unitnya. Perubahan yang cukup signifikan ini sebenarnya sangat berbeda dilihat dari pendapat Canon dua tahun sebelumnya. Perusahaan asal Jepang tersebut sama sekali tidak tertarik membuat drone dan hanya fokus pada penjualan produksi kamera rumahan atau profesional.

Pendapat ini pun berubah mengingat penggunaan kamera drone kian marak di seluruh belahan dunia. Perangakt canggih itu memang sangat berguna untuk mengambil gambar dari lokasi yang susah dijangkau oleh manusia. Oleh karena itu, Canon pun berinisiatif membuat perangkat Drone dengan mengikuti jejak perusahaan elektronik lainnya, termasuk Go Pro.