Bye-Bye Yahoo Indonesia!

Dua hari belakangan berhembus kabar yang kurang sedap dari Yahoo Indonesia. Di’gosip’kan, raksasa internet ini akan menutup kantornya di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Kemungkinan besar Yahoo akan kembali fokus menjalankan bisnisnya di Amerika Utara yang jauh lebih menguntungkan.

Bye-Bye Yahoo Indonesia!

Dilansir dari Tech Crunch, sumber yang dapat dipercaya mengatakan bahwa Yahoo akan merumahkan sejumlah karyawan di wilayah Asia yaitu Vietnam, Indonesia, dan Malaysia. Karyawan Yahoo di Indonesia yang terkena dampak Pemutusan Hubungan Kerja ini berkisar 50 orang, sedangkan di Vietnam dan Malaysia, masing-masing berjumlah 25 dan 15 orang.

Awalnya kabar ini dimulai dari rencana Yahoo merampingkan sejumlah kantor di Budapest, Hungaria dan Yordania. Beberapa karyawan di India diajak bergabung ke California, sebelum akhirnya ditutup juga.

Alasan dibalik tutupnya Yahoo ini sangat klasik bahwa penjualan yang tak mencapai target sehingga Yahoo tak beroleh keuntungan. Kantor Yahoo Vietman di Ho Chi Minh City telah ditutup pada kuartal ketiga tahun ini. Karyawan di Indonesia dan Malaysia telah diberitahu bahwa kantor Yahoo di kedua negara juga akan ditutup pada 14 Desember 2014.

Artikel berhubungan:  Geser Lenovo, HP jadi Raja Pasar PC Dunia

Bantahan Yahoo
Meski beberapa karyawan Yahoo Indonesia sudah mengajukan resign dan sebagian sudah pindah, Yahoo sendiri membantah akan menutup kantor dan hengkang dari tanah air. Dikatakan bahwa Indonesia masih dianggap salah satu negara penting bagi Yahoo. Head of Corporate Communications, India & South East Asia Yahoo, Barsha Panda juga memastikan jika Yahoo berada pada jalur pertumbuhan yang berkelanjutan.

Jika memang begitulah yang terjadi, maka bye-bye Yahoo!