Berita

Bocoran Nokia 9, Setup Dual Kamera & Layar 5,5 inch

Baru-baru ini beredar rumor mengenai kemunculan smartphone penerus Nokia 8 yang diduga bernama Nokia 9. Rumor ini pun semakin menguat dengan kemunculan informasi Nokia 9 di situs FCC atau Federal Communications Commission. FCC sendiri merupakan lembaga independen yang didirikan oleh pemerintah AS yang bertugas untuk mengatur semua jenis penggunaan perangkat komunikasi, salah satunya smartphone.

Menjelang tahun 2018, Nokia 9 semakin berani menunjukkan jati dirinya ke khalayak ramai setelah mendapatkan sertifikasi FCC. Kabar baiknya, sertifikasi ini menampilkan beberapa fitur dan spesifikasi utama dari ponsel tersebut. Seperti yang diharapkan sebelumnya, Nokia 9 akan hadir dengan layar OLED seluas 5,5 inch, ROM 128 GB, dan baterai berkapasitas 3.250 mAh. Bahkan, Nokia 9 telah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835.

Bukan hanya itu, terdapat pula informasi seputar kamera, dimana Nokia 9 hadir dengan setup dual kamera 13 MP + 12 MP. Sedangkan, kamera depannya beresolusi 5 MP. Untuk konfigurasi sendiri, kamera depan akan menampilkan autofocus dan f/2.0 aperture untuk satu lensa dan aperture f/2.4 untuk lensa lainnya. Lensa kamera aperture yang lainnya memiliki f/2.0 itu akan berfungsi merekam video hingga resolusi FHD 1080p.

Perangkat ini juga telah menjalankan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Namun, ketersediaan dan kapan meluncurnya Nokia 9 belum terungkap saat ini, mengingat kabar sebelumnya yang mengatakan Nokia 8 meluncur sebentar lagi.

Setelah mendapatkan sertifikasi dari FCC, Nokia 9 juga muncul di database Geekbench dengan nomor model TA-1005 dan kode nama Avatar. Walaupun Geekbench tidak mengungkapkan jenis chipset yang diusung oleh Nokia 9, tapi itu tidak masalah karena daftar FCC sudah mengungkapkannya lebih dulu. Meski chipset Qualcomm Snapdragon 835 menjadi chipset flagship tahun 2017 ini, namun kalau dipadukan bersama RAM 6 GB, ROM 128 GB, dan Android 8.0 Oreo, diklaim Nokia 9 memiliki performa yang cukup kuat.

Artikel menarik:  Lenovo & Google Berkolaborasi Buat Touchscreen Makin Pintar

Geekbench telah mengungkapkan nilai benchmarking, di mana perangkat ini mencetak 1910 pada pengujian single-core. Sementara dalam pengujian multi core, Nokia 9 berhasil mencetak 6,796. Dari daftar FCC, diketahui bahwa Nokia 9 akan hadir dengan layar OLED berukuran 5,5 inci yang diharapkan bisa menggunakan rasio 18: 9 dan resolusi FHD +. Ini juga didukung oleh kemunculan rendering Weibo yang diklaim sebagai Nokia 9. Render ini menunjukkan bagian depan Nokia 9 yang memiliki desain layar penuh, sehingga menunjukkan bahwa rasio yang digunakan adalah 18: 9. bagian atas dan bawah. Bezels juga terlihat tipis, meski bukan yang tertipis tapi setidaknya lebih baik dari desain Nokia 8 yang memiliki bezel tebal.