Berita

BlackBerry Motion, Android Anti Air Pertama dari BlackBerry

Kabar kehadiran perangkat BlackBerry dengan nama model “Krypton” sudah ramai diperbincangkan di internet sejak belakangan ini. Smartphone anyar tersebut digadang-gadang akan resmi rilis pada bulan Okober dengan nama BlackBerry Motion. Setidaknya, itulah yang diumbar oleh pembocor gadget ulung, Evan Blass, melalui akun Twitter personalnya @evleaks. Menurutnya BlackBerry Motion, android anti air pertama dari BlackBerry, sehingga tak heran banyak juga yang menantikan perangkat ini.

Evan Blass juga menambahkan jika nama “Krypton” menjadi sebutan internal untuk tim yang sudah mengembangkan perangkat tersebut. Sebutan “Motion” dianggap lebih pas untuk menjadi nama komersilnya. Hal ini menjadi berita yang menyenangkan, mengingat BlackBerry berusaha untuk tetap eksis di ranah smartphone, setelah sebelumnya telah meluncurkan smartphone  BlackBerry Aurora.

Selain nama, Evan Blass juga turut mengunggah foto promosi yang diduga menjadi perangkat BlackBerry Motion. Smartphone itu tampak elegan dengan desain simpel dan balutan logam. Berdasarkan bocoran foto itulah, BlackBerry dinyatakan tidak memiliki tombol fisik sama sekali sehingga benar-benar mengandalkan layar sentuh alias touchscreen. Desain ini dikembangkan khusus oleh pabrikan China, TCL, yang tidak lain adalah pemegang lisensi global resmi untuk brand BlackBerry.

Bocoran Spesifikasi BlackBerry Motion
Mengikuti bocoran informasi dari Evan Blass, tak lama dari itu, TCL, selaku pemegang lisensi smartphone BlackBerry, baru saja mengenalkan produk anyar mereka bernama Motion dalam sebuah acara di Dubai.

Motion disebut-sebut sebagai smartphone pertama dari brand BlackBerry yang mempunyai kemampuan anti air karena telah dilengkapi sertifikasi IP67. Oleh karena itu, BlackBerry Motion mampu terendam dalam air dengan kedalaman satu meter hingga waktu 30 menit. Sebelum resmi meluncur, BlackBerry Motion lebih dikenal dengan kode nama Krypton. Bodinya berbalut cangkang yang terbuat dari bahan logam aluminium.

Artikel menarik:  Google Rilis Aplikasi Google Go dan Datally di Indonesia

Untuk spesifikasi bagian dalamnya, BlackBerry Motion termasuk smartphone kelas menengah dengan layar seluas 5,5 inch dan beresolusi Full HD 1.920 x 1.080 pixel yang diperkuat dengan prosesor Snapdragon 625 atau 626 yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 4 GB. Selain itu, unit baterai pada BlackBerry Motion berkapasitas 4.000 mAh.

Lebih hebatnya lagi, spesifikasi baterai tersebut sudah didukung oleh teknologi Quick Charge 3.0 yang mampu mengisi kapasitas hingga 50% dalam waktu 40 menit. Fitur lainnya yang tersemat di dalamnya ialah sensor pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol Home. Kemudian resolusi kamera belakang ialah 12 MP dengan lensa aperture f/2.0 dan kamera depan 8 MP.

Sementara itu, sistem operasi yang sudah berjalan adalah Androud Nougat versi 7.1 yang dijanjikan akan bisa diupgrade ke Android 8.0 Oreo pada tahun mendatang. Setelah itu, ada fitur lainnya yang diusung oleh BlackBerry ialah area storage khusus bernama Locker yang dapat dikunci dengan PIN atau sidik jari. Locker dapat digunakan untuk menyimpan file, termasuk dokumen dan foto.

Rencananya, TCL akan memasarkan BlackBerry Motion di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab pada bulan Oktober ini dengan dibanderol harga 1.699 Dirham atau sekitar Rp 6,3 jutaan. Penjualannya akan diekspansi ke negara tertentu menjelang akhir Oktober. Kita tunggu saja apakah BlackBerry Motion akan segera hadir di Indonesia atau tidak.