Berita

BlackBerry KEYone Resmi Hadir Di Ajang MWC 2017

Sepertinya ajang MWC dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh BlackBerry. Melalui acara yang digelar di Barcelona tersebut, BlackBerry baru saja merilis smartphone Android mereka yang dinamakan BlackBerry KEYone. Ponsel tersebut dikenal sebagai ponsel pertama yang diproduksi langsung oleh TCL Communications. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, lisensi bisnis BlackBerry telah dipegang oleh pihak TCL.

BlackBerry KEYone Resmi Hadir Di Ajang MWC 2017

Meskipun telah berbeda dari segi pemegang lisensi, ciri khas dari BlackBerry yang masih disematkan pada KEYone adalah keyboad Qwerty berwujud fisik. Selain itu, fungsi dari keyboad tersebut bukan hanya untuk mengetik namun juga bisa sebagai touchpad dan short cut navigasi. Touchpad pada keyboard ini dapat menggeser layar. Kemudian tombol-tombol disetiap hurufnya bisa digunakan sebagai shortcut yang telah di-customize. Contohnya, pengguna menekan huruf F yang berguna mengantarkan langsung ke halaman Facebook atau huruf U untuk aplikasi Uber.

Menurut Logan Bell, Senior Product Manager BlackBerry Mobile mengatakan perangkat BlackBerry KEYone bukan sekedar dirancang untuk perusahaan namun juga untuk konsumen profesional dan orang-orang tertentu yang mencari jenis smartphone yang berbeda. Adanya keyboard fisik, bukan berarti layar pada KEYone begitu kecil. Nyatanya, layar ponsel ini berukuran 4,5 inch dengan resolusi yang cukup tinggi yakni 1620 x 1080 pixel dan kerapatannya mencapai 434 ppi.

Bukan hanya itu, BlackBerry KEYone telah memiliki dapur pacu dengan sistem operasi Android terbaru yaitu 7.1 Nougat, prosesor Qualcomm Snapdragon 625, RAM sebesar 3 GB dan memori internal 32 GB dengan tambahan slot microSD. Dari pihak TCL juga mengklaim bahwa ponsel ini adalah ponsel yang aman karena memungkinkan para pengguna untuk memerisa izin keamanan setiap kali aplikasi meminta update. Kemudian, tampilan fisiknya pun begitu kokoh dan elegan sebab terbuat dari bahan aluminium. Secara keseluruhan, dimensi BlackBerry KEYone ialah 149,3 x 72,5 x 9,4mm dengan bobot 180gr.

Artikel menarik:  Evercoss U60, Smartphone Full Screen Rp 1 Jutaan

BlackBerry KEYone menyematkan dua kamera di depan dan belakang. Kamera utama 12 MP yang dilengkapi sensor Sony IMX378 hingga dapat menampilkan video beresolusi 4K. Sedangkan untuk menunjang aktivitas selfie, BlackBerry membekali kamera depannya dengan resolusi 8 MP. Baterai yang dipasang pada perangkat ini pun cukup besar yakni 3.505 mAh Non-Removable.

Kabarnya, BlackBerry KEYone direncanakan untuk dipasarkan ke seluruh dunia dengan tanggal perilisan yang berbeda-beda. Harga jual dari smartphone ini juga masih dibawah kisaran harga dari iPhone Apple dan Galaxy Samsung kelas atas. Soal ketersediaan harga dan penjualan pertama BlackBerry KEYone ada tiga wilayah yang mencakupi yaitu Amerika Serikat dengan harga USD 550 atau Rp 7,3 jutaan, Eropa 600 Euro atau sekitar Rp 8,4 jutaan dan untuk wilayah Britania Raya, ponsel ini dibanderol seharga 500 poundsterling atau setara dengan Rp 8,3 jutaan.