Blackberry

BlackBerry Classic Pun Meluncur

UPDATE : Maret 2015, klik review Blackberry Classic

Blackberry (sekali lagi) meluncurkan produk terbaru di tengah melempemnya penjualan berbagai seri-seri yang dikeluarkan setidaknya 2 tahun terakhir. Bedanya, kali ini Blackberry seperti kembali ke ‘habitat’ asalnya, yaitu menghadirkan ponsel pintar bertombol QWERTY, Blackberry Classic dengan seri Q20. Dari segi penampilan, Blackberry Classic terlihat sangat mirip dengan seri-seri terdahulu. Blackberry terlihat sangat ingin mengulang kesuksesan masa lalu dengan menggaet pengguna setianya.

BlackBerry Classic Pun Meluncur 1

Blackberry Classic dan Masalah Klasik
Blackberry sebelumnya memiliki masalah dalam persaingan dengan vendor ponsel lainnya. Pangsa pasar yang selama ini kemilau menjadi tergerus habis. Berbondong-bondong pengguna BB beralih ke Android yang lebih canggih dan murah.

Blackberry sangat identik dengan ‘jam pasir’. Ini adalah masalah klasik karena kebanyakan BB menggunakan prosesor yang kalah jauh jika dibandingkan dengan Android dari segi kecepatan. Padahal, material yang membangun Blackberry terbilang cukup hebat dan bagus sehingga membuatnya awet untuk digunakan.

Masalah klasik Blackberry yang lain adalah harga jualnya yang terbilang tinggi. Tentu saja pengguna akan membandingkan perangkat BB dengan perangkat lainnya. Harga jual Blackberry tak bisa bersaing dengan vendor-vendor Android murah yang mengusung spesifikasi dahsyat meski kualitasnya masih dipertanyakan.

Blackberry Classic Itu …
Dengan desain mirip dengan seri Dakota, Blackberry Classic sepertinya ingin menunjukkan performa yang cukup tangguh. Spesifikasinya terbilang diatas rata-rata BB pada umumnya, meliputi : prosesor 1.5 GHz Qualcomm Snapdragon Processor, 2GB RAM, 16GB memori. Ini jauh melampaui versi-versi BB jadul lainnya.

BlackBerry Classic Pun Meluncur

Selain itu, BB Classic juga sudah menggunakan OS 10 dengan layar Gorilla Glass dan baterai yang daya tahannya 60% lebih baik dari versi lainnya.

Berapa harga Blackberry Classic?
Meski sudah diluncurkan secara resmi, ponsel ini belum masuk ke Indonesia. Di USA, Blackberry Classic sayangnya dijual dengan harga cukup tinggi, yaitu $499 atau sekitar 5jutaan. Harga yang tak jauh berbeda diprediksi akan juga berlaku di dalam negri. Hmmm.

Bagaimana perjalanan BB Classic selanjutnya? Apakah BB akan terus tergerus dengan permasalahan klasiknya? Kapankah Classic masuk ke Indonesia?

UPDATE : Maret 2015, klik review Blackberry Classic

Nantikan reportase kami selanjutnya di Gaptex. Silahkan like facebook kami atau follow Twitter agar tak ketinggalan update berita teknologi terbaru setiap hari!