Bitcoin Yang Bikin Heboh …

Setelah diperkenalkan hampir 5 tahun lamanya, baru-baru ini Bitcoin menyita perhatian publik karena investigasi yang dilakukan beberapa negara maju terhadap ‘uang digital’ tersebut, tak luput kepolisian di Indonesia. Bitcoin memang unik karena ia tidak menyerupai digital currency lainnya, seperti paypal, alertpay, perfect money, dan lain sebagainya. Bitcoin memungkinkan seseorang melakukan transaksi secara anonim, bebas biaya mahal, bebas investigasi asal dana dan bebas regulasi pemerintah mana pun.

Sejarah Bitcoin
Bitcoin dirilis pertama kali tahun 2009 oleh seseorang atau sekumpulan orang yang bernama “Satoshi Nakamoto”. Konsep dasar dari Bitcoin adalah sebuah konsensus sistem pembayaran digital baru yang tidak terpusat pada pihak mana pun. Tidak ada pihak penengah atau otoritas yang mengatus Bitcoin. Hal tersebut merupakan yang pertama kali sekaligus yang membedakan Bitcoin dengan uang digital lainnya.

bitcoin

Siapa Yang Mengatur Bitcoin?
Tidak ada seorang pun yang memiliki Bitcoin, sama seperti tak ada seorang pun yang memiliki teknologi email. Bitcoin diatur dan dikontrol oleh seluruh penggunanya di semua belahan dunia.

Fungsi Bitcoin
Sama seperti ‘uang digital’ pada umumnya, Bitcoin dapat digunakan untuk bertransaksi secara online. Sifat khasnya adalah real-time dan nyaris tanpa biaya karena tidak memerlukan pihak ketiga dalam bertransaksi. Saat ini sudah banyak merchant online menerima pembayaran melalui Bitcoin, sebut saja Namecheap (penjual domain + hosting) dan wordpress.

Nilai & Keunikan Bitcoin
Bitcoin memiliki nilai yang terbentuk secara alami melalui proses ekonomi demand and supply (permintaan & ketersediaan). Dengan demikian nilai bitcoin akan terus berfluktuasi. Tren kenaikan harga Bitcoin terus terjadi beberapa bulan terakhir dari hanya 500ribu Rupiah hingga mencapai 10 juta Rupiah per 1 Bitcoin. Hal ini merupakan salah satu penyebab mengapa belakangan Bitcoin menjadi pembicaraan yang hangat.

Salah satu keunikan dari Bitcoin adalah nilainya yang dibatasi hingga 21 juta Bitcoin saja. Hingga tulisan ini dibuat, jumlah Bitcoin yang beredar sudah mencapai 11 juta. Sisanya masih terus ‘ditambang’ hingga mencapai jumlah 21 juta. Prediksinya nilai 21 juta akan tercapai sekitar 10-15 tahun ke depan. Dengan pembatasan tersebut, Bitcoin diklaim anti inflasi dan memiliki nilai yang terus melonjak seiring permintaan masyarakat yang tinggi.

Baca Juga :  Jaringan Nirkabel Li-Fi, Siap Gantikan Wi-Fi di Masa Depan

Cara Mendapatkan Bitcoin
Yang termudah tentus saja dengan membeli Bitcoin dari berbagai merchant yang ada. Bitcoin diperjual-belikan layaknya digital currency lainnya. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan Bitcoin dengan cara yang lain, Anda dapat melakukan ‘penambangan Bitcoin’ alias “mining”. Untuk menambang, Anda dapat menggunakan berbagai macam tools yang tersedia.

Legalitas Bitcoin
Secara umum, Bitcoin merupakan sesuatu yang legal dan tidak melawan hukum. Meski demikian, cara penggunaan dan konsepnya yang ‘free’ membuat Bitcoin kerap disalahgunakan untuk transaksi ilegal dan pencucian uang. Celah inilah yang sedang didalami oleh berbagai pihak yang berwenang dari beberapa negara. Perlu diketahui bahwa keberadaan Bitcoin bisa saja mengancam eksistensi uang resmi dan berbagai macam alat pembayaran yang sudah ada.

Cara Menggunakan Bitcoin
Untuk melihat detail mengenai Bitcoin secara lengkap sekaligus menggunakannya, Anda dapat langsung menuju website Bitcoin di Bitcoin.org. Mengenai berbagai macam informasi terkait Bitcoin, silahkan berkunjung ke beberapa forum atau website yang membhasa Bitcoin secara mendalam.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part