Seputar Tekno

Berbagai Kegunaan User Interface Design

Setelah mengenal User Interface Perangkat Android yang sudah kami jelaskan sebelumnya, kali ini kami akan memberitahukan berbagai kegunaan User Interface Design. Seorang programmer atau developer yang bertugas membuat program harus memikirkan bagian User Interface produknya sedemikian rupa agar program yang dirancangnya dapat berfungsi dengan baik.

Pengertian
User Interface Design atau teknik antarmuka pengguna ialah perancangan antarmuka pengguna untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan kegunaan dan pengalaman pengguna (UX). Tujuan perancangan antarmuka pengguna ini adalah membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin, dalam hal mencapai tujuannya.

Teknik antarmuka yang baik memudahkan dalam hal menyelesaikan tugas yang ada tanpa menarik perhatian yang tidak perlu pada dirinya sendiri. Desain grafis dan tipografi digunakan untuk mendukung kegunaannya, mempengaruhi bagaimana pengguna melakukan interaksi tertentu dan meningkatkan daya tarik estetika desain. Desain estetika dapat meningkatkan atau mengurangi kemampuan pengguna untuk menggunakan fungsi antarmuka. Proses perancangan harus menyeimbangkan fungsi teknis dan elemen visual untuk menciptakan sistem yang tidak hanya bersifat operasional namun juga dapat digunakan dan disesuaikan untuk mengubah kebutuhan pengguna.

Desain antarmuka terkait dalam berberapa proyek mulai dari sistem komputer, hingga mobil dan pesawat komersial, dimana semua proyek ini melibatkan banyak interaksi manusia dasar yang sama namun juga memerlukan beberapa keterampilan dan pengetahuan yang unik. Akibatnya, desainer cenderung mengkhususkan diri pada jenis proyek tertentu dan memiliki keahlian yang berpusat pada keahlian mereka, baik itu desain perangkat lunak, penelitian pengguna, desain web, atau desain industri.

Kegunaan
1. Memfasilitasi input data oleh user
User interface yang baik pasti mudah dipahami dan sederhana, semakin sederhana sebuah antarmuka maka semakin mudah dipahami. Selain itu, user interface harus memberikan kemudahan bagi pengguna untuk bisa berinteraksi dengan program. Seperti user interface yang dimaksudkan tampilan aplikasi messaging. Pada tampilan aplikasi messaging terdapat tombol balasan, text box dan tombol delete. Pengguna yang pernah melihat user interface semacam ini akan langsung dan bisa mengerti penggunaannya dengan mudah tanpa harus meluangkan waktu lama untuk mempelajari aturan penggunaan.

2. Buat program jadi menarik
Kegunaan kedua ialah dari sisi seni atau estetika dari program ini. Anda bisa melihat setiap aplikasi, baik web, desktop, atau aplikasi mobile harus memiliki antarmuka yang khas. Facebook dengan variasi warna biru, sejajar dengan warna hijau muda dan ikon iconnya khas, Instagram, Whatssapp dan masih banyak lagi contoh aplikasi lain yang kita harus ketahui gaya atau kekhususan dari desain antarmuka pengguna. Gaya atau kekhususan ini sangat berpengaruh terhadap minat masyarakat terhadap sebuah program.

Artikel menarik:  11 Aplikasi Android Pengusir Nyamuk

3. Menampilkan hasil pengolahan data oleh program
Selanjutnya adalah tampilan data. Apakah Annda pernah menggunakan aplikasi tanpa user interface di Linux seperti aplikasi ifconfig atau aplikasi firewall? Bagi yang tidak terbiasa menggunakan terminal akan bingung dan malas membaca data dari terminal tanpa ada user interface yang canggih untuk menampilkan data dan berinteraksi dengan komputer. Dengan user interface, data bisa ditampilkan dalam bentuk grafis sehingga pengguna bisa melihat langsung data yang ada pada program.

4. Mudah membaca data yang dihasilkan oleh program
Kegunaan lainnya yaitu untuk membaca data dari suatu program. Tanpa antarmuka pengguna yang baik, dibutuhkan waktu yang lama untuk menyortir, mencari, atau memfilter data yang dihasilkan dari sebuah program. Dengan user interface yang baik, tugas-tugas yang umum seperti sorting data, searching, atau penyaringan data akan menjadi lebih mudah, karena sudah ditangani oleh user interface. Pengguna hanya memilih menu pada user interface dan kemudian data akan diproses sesuai dengan kebutuhan pengguna.

5. Efisiensi kerja
Dengan user interface yang baik, performa dari pengguna akan lebih efisien dan tidak memerlukan waktu ekstra untuk mengerjakan tugas tambahan yang sebenarnya bisa dilakukan oleh user interface yang baik. Misalnya, antarmuka pengguna yang baik dalam aplikasi statistik penjualan akan dapat menghasilkan grafik serta kurva perkiraan penjualan tanpa harus memproses data secara manual oleh pengguna. Tentunya ini akan sangat mempengaruhi efisiensi waktu seorang pekerja. Dimana dia bisa menggunakan waktunya untuk melakukan tugas lain yang lebih penting.

6. Minimalkan kesalahan input data yang dilakukan oleh pengguna
User Interface yang baik dapat mengurangi kesalahan masukan data yang dibuat oleh pengguna. Misalnya, antarmuka aplikasi program Facebook berupa update status, user interface membatasi input ke teks, gambar, dan kemungkinan video. Jika kita menyertakan data lain seperti data wmv atau yang tidak didukung oleh interface, maka data tidak akan ditampilkan dan ada peringatan tentang kesalahan yang dilakukan oleh pengguna.