Begini Cara Membuat Lega Storage Memory iPhone Anda

Tak seperti ponsel atau gadget mainstream yang pada umumnya mendukung memory eksternal yang dapat diperbesar kapasitasnya jika suatu saat diperlukan, pada iPhone kapasitas penyimpanan berlaku tetap sesuai dengan jenis iPhone tersebut. Misal, untuk kapasitas 16 giga tentu saja hanya dapat menampung file hingga sampai 16 giga saja. Itu juga belum dipotong dengan kapasitas yang dibutuhkan untuk file-file iOS yang ukurannya cukup besar.

Jika butuh memory penyimpanan yang lebih besar, maka unit iPhone harus diganti semuanya karena tidak ada dukungan slot memory penyimpanan eksternal seperti microSD dan lain sebagainya.

Nah, pada posting kali ini, kita akan mempelajari cara membuat agar storage memory iPhone Anda menjadi lega dengan menggunakan software yang bernama PhoneClean. Cara ini dapat ditempuh jika Anda telah menghapus berbagai macam applikasi dan file yang tidak penting pada iPhone tetapi kapasitas masih tetap sesak.

PhoneClean atau iMobileClean adalah software desktop yang dapat memberikan space lebih pada iPhone Anda dengan mendelete seluruh file yang tidak bermanfaat seperti temporary files, cookies, script files, media files, cached dan file offline. Untuk menggunakannya, Anda perlu mengunduh program ini dan menjalankan melalui PC Windows maupun Mac.

Donwload program PhoneClean di situs resminya : disini

Sebelum melakukan aksi ‘bersih-bersih’, ada baiknya Anda melakukan backup file terlebih dahulu agar data-data penting dalam iPhone Anda aman terjaga. Setelah melakukan backup, jalankan program PhoneClean di PC Anda

a

Pada gambar diatas, terlihat bahwa program PhoneClean akan menampilkan detail dari iPhone Anda. Ada 4 jenis file yang tampil :

      • Temp and Junk files
      • Cache and Off-line files
      • Cookie and Script files
      • Sync-failed Media files

Centang seluruh pilihan untuk mendapatkan hasil paling maksimal. Jika sudah, program akan membutuhkan waktu beberapa saat untuk melakukan scanning.

b

Setelah proses scanning berhasil, Anda dapat melihat jumlah space yang bisa didapatkan dengan menghapus file-file ‘tidak penting’ pada iPhone Anda

Jika membutuhkan detail mendalam, Anda dapat mengklik tanda panah yang berada di sebelah kanan. Pemilihan manual file yang ingin dibersihkan dapat dilakukan jika memang diperlukan.

c

Sistem akan memberitahu jumlah storage kosong yang bertambah pada iPhone Anda

Selamat, storage memory Anda sekarang sudah lebih lega dari sebelumnya. Jika merasa masih kurang, barangkali Anda betul-betul boleh mulai mempertimbangkan untuk membeli iPhone baru dengan kapasitas yang lebih besar.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part