Begini Cara Komplit Install BBM di Android Gingerbread …

Jika Anda termasuk salah satu dari 28% populasi pengguna ponsel Android Gingerbread 2.3., jangan buru-buru menjual atau menggantinya dengan ponsel Android lain (ICS & Jelly Bean) karena tidak bisa install BBM. Meski rilis resmi dari Blackberry mengumumkan bahwa BBM hanya mendukung OS Ice Cream Sandwich keatas (termasuk Jelly Bean) saja, toh saat ini beberapa kalangan telah berhasil menyulap BBM agar dapat digunakan di Android Gingerbread.

Cara Install BBM di Android Gingerbread

Sebelum membeberkan langkah teknis, perlu diketahui bahwa aplikasi BBM yang ‘dioprek’ tersebut hingga dapat digunakan di ‘roti jahe’ adalah versi tidak resmi dan masih beta yang menyimpan sejumlah bug yang terus diperbaiki. Namun begitu, BBM versi tersebut dipercaya tidak mengandung file berbahaya dan cukup lancar digunakan. Adapun alasan Blackberry hanya mengijinkan BBM di OS ICS keatas adalah karena ditakutkan ponsel Android jadul yang kebanyakan mengusung Android ‘roti jahe’ tidak cukup kencang untuk menjalankan applikasi BBM sehingga kemungkinan terjadinya lag cukup besar. Tetapi jika Anda meyakini ponsel Android Anda cukup tangguh dan dapat dimaksimalkan, tak ada salahnya mencoba install BBM dan menjajalnya.

Berikut langkah untuk install BBM di Android Gingerbread :

1. Download file BBM apk melalui link ini. Perhatikan gambar dibawah bagian mana yang harus Anda klik untuk download :

install bbm di gingerbread
2. Sebelum melakukan install, pastikan Anda melakukan backup menyeluruh pada ponsel Anda guna menghindari kehilangan kontak jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
3. Install file apk yang sudah didownload pada langkah (1) di ponsel Android Anda. Jika muncul pesan “Oh No, Please check your connection”, Anda barangkali perlu merubah DNS ke DNS Google :
8.8.8.8
8.8.4.4
4 . Jika terjadi ‘force close’ pada app yang sudah diinstal, Anda perlu untuk mengkopi folder ‘lib’ ke folder system/lib. Anda mungkin membutuhkan software ekstraktor seperti WInZip atau WinRar dan applikasi Android Root explorer untuk memudahkan pekerjaan ini.
5. Setelah proses no (4) selesai, silahkan ubah folder permission ke rwrr (read write read read). Caranya adalah dengan menekan agak lama folder ‘lib’ tersebut hingga keluar pilihan set permission. Lakukan proses ini melalui file manager atau menggunakan software Root explorer.
6. Proses no (3),  (4) dan (5) diatas tidak perlu dilakukan jika aplikasi BBM sudah berjalan lancar ketika diinstal.

Artikel berhubungan:  4 Feature Phone Terbaik Harga dibawah Rp. 150.000,-

Untuk melihat pengalaman pengguna secara lengkap, Anda dapat membacanya sacara utuh melalui tautan link download diatas. Beberapa pengguna melakukan share dan saran instalasi berdasarkan pengalaman pribadi masing-masing. Anda juga bisa bertanya dan ikut berkontribusi dalam thread forum tersebut.

So, sudah mulai mempertimbangkan untuk menunda lembiru ponsel Android roti jahe Anda, bukan?

Semoga bermanfaat!