Bedakan Antara RAM dan ROM!

RAM dan ROM, kedua istilah ini mungkin cukup akrab di telinga Anda. Anda mungkin menganggukan kepala ketika mendengarnya meski tak tahu apa perbedaan diantara keduanya. Atau malah Anda menganggapnya sama saja dan bisa ditukar-tukar seenak perut sendiri. Well, sebelum salah kaprah dan kebingungan, kali ini kita akan membahas perbedaan antara RAM dan ROM.

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory
ROM adalah singkatan dari Read Only Memory
Meski sama-sama berakhiran ‘memory’, RAM dan ROM adalah 2 hal yang berbeda.

Perbedaan paling mendasar antara kedua istilah memory tersebut adalah chip ROM chip tidak membutuhkan power yang terus-menerus untuk mendapatkan data yang tersimpan di dalamnya, dimana chip RAM membutuhkannya. RAM adalah memory yang tersedia untuk sebuah sistem operasi, program dan pemrosesan yang digunakan ketika sebuah komputer berjalan. Sementara itu, ROM adalah memory yang tersedia dalam komputer yang telah diisikan dengan instruksi untuk menjalankan komputer.

Dengan demikian, data dalam RAM yang volatile tidak disimpan secara permanen. Sesaat setelah komputer dimatikan, maka data pada RAM akan dihapus secara otomatis. Sementara, data memory non-volatile pada ROM yang tersimpan secara permanen akan tetap ada meski komputer dimatikan.

Berikut perbedaan wujud antara RAM dan ROM yang biasanya sering terlihat seperti yang terlihat pada gambar dibawah :

perbedaan rom dan ram 2

Chip ROM biasanya dapat digunakan pada Nintendo, Gameboy, dan perangkat game lainnya. Juga digunakan pada PC untuk menyimpan pemrograman yang dibutuhkan untuk melakukan proses booting ketika dihidupkan. Sama halnya dengan ROM, RAM juga digunakan pada hampir seluruh perangkat PC dan gadget untuk menyimpan informasi dari program yang sedang dijalankan.

RAM terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah DRAM (Dynamic Random Access Memory) dan SRAM (Static Random Access Memory). Sementara jenis ROM diantaranya adalah PROM (programmable read-only memory) seperti CD-ROM dan EPROM (erasable programmable read-only memory).

Meski berbeda, kedua jenis memory ini sama-sama penting dan selalu digunakan untuk sebuah sistem komputer.

Share Button

Info Teknologi Terbaru:

perbedaan ram dan rom, perbedaan ROM dan RAM android, perbedaan rom dan ram pada hp android, perbedaan rom dan ram, perbedaan antara RAM dan ROM, data yang tersimpan di ram android, perbedaan rom dan ram pada android, perbedaan rom dengan ram pada handphone, rom dan ram, perbedaan ram dan rom pada hp androi