BBM Mendarat September 2013, Selamat Tinggal Blackberry?

Di tanah air, konfirmasi mengenai layanan BBM di Android dan iOS sudah diberikan oleh vendor resmi. Artinya, hanya dalam hitungan hari, masih pada bulan September 2013 ini, BBM sudah tersedia secara resmi untuk pengguna ponsel non-blackberry. Kemungkinan waktu peluncuran untuk iOS dan Android tak berjeda jauh atau malah berbarengan. Layanan messaging yang selama ini identik dengan Blackberry dan ekslusive memang dinantikan oleh banyak sekali masyarakat Indonesia.

Dengan pastinya kabar tersebut, banyak spekulasi beredar mengenai Blackberry yang perusahaannya disebut-sebut sudah ‘dijajakan’ untuk dijual seperti halnya Nokia.

bbm segera meluncur untuk android dan ios

Ya, Blackberry memang selama ini masih menjadi primadona di Indonesia, salah satu alasan yang paling kuat adalah karena layanan BBM yang sudah kadung akrab dengan masyarakat kita. Pertanyaannya kemudian, jika nantinya BBM sudah bisa digunakan di smartphone lain (Android & iPhone), masihkah BB menjadi primadona?

Bisa jadi jawabannya adalah tidak. Sebab tren yang berkembang kini pun sudah mengarah kepada handset Android yang memiliki banyak sekali varian dan pilihan, dari yang kelas ecek-ecek hingga premium. Pengguna BB yang selama ini sebal dengan jam pasir atau lambannya BB barangkali akan berteriak girang dan dengan senang hati menjalankan BBM melalui ponsel Android mereka yang meski harganya lebih murah tetapi memiliki kecepatan dan spesifikasi yang luar biasa. Hal yang sama juga berlaku bagi pengguna Apple yang ekslusif dan fanatik itu.

Artikel berhubungan:  Pengertian MySQL

Lalu yang terjadi adalah mekanisme pasar alamiah, dimana pengguna BB yang tersisa adalah dari golongan yang memang mencintai Blackberry begitu rupa, seperti pengguna Blackberry di negara-negara lain yang populasinya terus berkurang setiap saat. Barangkali hanya pengguna yang masih membutuhkan ponsel pintar QWERTY saja yang masih akan tetap menggunakan BB.

Tapi, entahlah. Mungkin analisa diatas juga bisa saja keliru.

Yang pasti, mari sama-sama kita nantikan peluncuran BBM for Android dan iOS yang hanya hitungan hari saja.