Bagian-Bagian Samsung Galaxy J7 Prime

Diluncurkan pada bulan Oktober 2016 lalu, Samsung Galaxy J7 Prime termasuk dalam smartphone kelas menengah yang dibalut dengan desain keren dan fitur cerdas. Mengambil tagline “Intelligence In Style”, perangkat tersebut dilengkapi oleh kaca 2.5D yang tampil apik dengan chipset dan RAM mumpuni. Untuk mengetahui lebih jelas tentang smartphone ini, mari simak bagian-bagian Samsung Galaxy J7 Prime yang mungkin belum Anda ketahui

Galaxy J7 Prime merupakan generasi lanjutan dari Samsung Galaxy J7. Sebagai penerus, tentunya perangkat tersebut mempunyai spesifikasi, fitur dan desain yang ditingkatkan. Pada saat awal peluncuran, Galaxy J7 Prime dibanderol dengan harga Rp 3,6 jutaan.

Paket Penjualan
Samsung Galaxy J7 Prime dibungkus dalam kotak sederhana berwarna putih polos. Di dalamnya terdapat satu unit Galaxy J7 Prime, kabel data 80 cm, charger output 7.55 watt, earphone original, panduan singkat, serta pin pembuka slot SIM Card.

Kemudian, di kemasan bagian belakang tertulis spesifikasi Galaxy J7 Prime secara garis besar. Satu hal yang perlu di highlight adalah smartphone tersebut dibuat di Indonesia, tepatnya dipabrik Samsung Electronic Indonesia, Cikarang, Bekasi. Bukan hanya ponselnya, kabel USB dan earphone juga buatan lokal pada plastik selongsong. Hanya charger yang ditulis buatan negara lain.

Bagian-Bagian Samsung Galaxy J7 Prime
Mulai pertengahan tahun 2016 lalu, Samsung telah menerapkan desain baru untuk untuk smartphone kelas menengahnya. Layar 2.5D mulai diadopsi sejak smartphone seri Galaxy A 2016 dan selanjutnya diturunkan ke seri Galaxy J7 Prime. Desain tersebut memberikan kesan lebih elegan dibandingkan desain layar rata seperti J7 2016.

Pada bagian atas layar, terdapat speaker ketika panggilan, kamera depan, serta sensor proximity. Biasanya Samsung menyematkan sensor cahaya di sebelah sensor proximity untuk mengatur terangnya tampilan layar utama, Tapi pada Galaxy J7 Prime tidak terdapat hal tersebut sehingga tampak slot kosong untuk sensor cahaya.

Di samping sensor proximity, ada lampu notifikasi RGB yang menyala cukup terang. Tapi sayangnya, tidak ada pengaturan cara untuk mengatur warna cahayanya. Meskipun demikian, lampu notifikasi tetap menyala biru ketika ada notifikasi aktif dan berwarna merah saat di charge, serta berwarna hijau saat baterai penuh.

Tombol home terlihat di bawah layar dengan pola logam sehingga berkesan premium. Permukaan tombol tidak terbuat dari kaca, melainkan dari plastik. Hal ini bisa terlihat jelas ketika pantulan cahaya diarahkan ke tombol dan kaca di sekelilingnya, terlihat tekstur yang berbeda. Tapi, setup ini wajar karena di bawah permukaan tombol terdapat sensor pemindai sidik jari.

Pada bagian kiri dan kanan tombol home Samsung Galaxy J7 Prime, terlihat tombol kapasitif untuk navigasi. Tombol tersebut tidak mempunyai lampu backlight, sehingga agak sulit untuk melihat simbol pada tombol ketika keadaan gelap. Dalam kondisi terang, simbol bisa mudah terlihat sebab simbol terbuat dari bahan reflektif.

Di bagian belakang, terdapat kamera utama di bagian tengah atas dan lampu flash LED tunggal di sebelahnya. Kamera utama tersebut dilapisi kaca pelindung dan posisinya di bawah permukaan panel belakang sehingga tak ada tonjolan. Logo Samsung tepat berada di bawah kamera utama.

Panel belakang dibalut dengan bahan metal yang kokoh dan terasa dingin di tangan. Lalu di bagian ujung atas panel belakang terbuat dari plastik dengan warna sedikit berbeda dari panel berbahan metal. Bagian plastik ini akan menyimpan antena jaringan atau antena WiFi.

Di bagian bawah panel belakang hanya ada tulisan model perangkat, keterangan sertifikat CE, nomor serial dan nomor IMEI. Bagian ujung bawah juga terdapat bagian yang terbuat dari plastik, sepertinya juga digunakan untuk meletakkan antena.

Bagian samping kiri dan kanan Samsung Galaxy J7 Prime terbuat dari bahan metal dan masih panel yang sama dengan bagian belakang perangkat. Antara bagian belakang dan samping seluruhnya berbentuk melengkung. Ketika digenggam, lengkungan ini memberikan pegangan yang lebih mantap.