Bagaimana Cara Membuat Blog Melalui Android?

Halo, sobat Gaptex! Aktivitas blogging memang menjadi suatu hal yang amat menarik akhir-akhir ini. Sebab, selain bisa untuk menjadi media penyaluran hobi atau bakat menulis atau membuat konten, blogging pun tidak jarang dapat menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan. Akan tetapi, apa daya bila kita sudah sangat sibuk dengan rutinitas sehari-hari? Bagaimana kita bisa menekuni blogging di sela-sela kegiatan harian yang padat?

Bagaimana Cara Membuat Blog Melalui Android

Hmm, kenapa tidak manfaatkan gadget Android Anda saja? Perangkat mobile Anda, seperti smartphone atau tablet, bisa Anda manfaatkan untuk membuat dan mengembangkan blog. Tentu saja, fleksibilitasnya memang tidak sejauh jika Anda melakukan hal yang sama melalui komputer personal, tetapi tetap dapat menjadi suatu alternatif blogging yang praktis, bukan? Lalu, bagaimana cara membuat blog lewat Android?

Sebenarnya, untuk membuat blog lewat Android, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan cukup serupa seperti Anda membuat blog lewat komputer personal, hanya saja Anda melakukan langkah-langkah tersebut melalui aplikasi browser Android. Barulah kemudian, untuk manajemen blog, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi Android yang amat mempermudah aktivitas blogging Anda.

Sebagai contoh, berikut langkah-langkah membuat blog lewat Android dengan menggunakan platform Blogger. CMS ini terbilang praktis digunakan, apalagi bila kegiatan blogging Anda bakal sangat banyak dikerjakan dari perangkat mobile Android Anda, sebab ia dikembangkan oleh Google. Blogger berintegrasi dengan akun Gmail Anda, dan tentu saja aplikasinya didukung oleh sistem operasi Android, yang juga merupakan besutan Google.

1. Buka aplikasi browser di perangkat Android Anda. Amat disarankan bila Anda menggunakan aplikasi browser yang handal dan cukup cepat. Hal yang baik pula bila tersedia semacam fitur Desktop Version yang memungkinkan Anda untuk menampilkan tampilan penuh website tempat Anda membuat blog nantinya. Belum punya aplikasi browser yang cukup dapat diandalkan? Cek daftar browser gratis untuk ponsel Android terbaik 2016.

2. Buka alamat web www.blogger.com. Silahkan sign-in bila Anda sudah mempunya akun Google, atau klik tulisan ‘Create an account’ untuk membuat akun baru.

Bagaimana Cara Membuat Blog Melalui Android 1

3. Jika ini pertama kalinya Anda masuk ke Blogger, Anda bakal perlu mengisi suatu form. Lengkapi form tersebut. Anda mungkin akan perlu memasukkan nomor telepon ponsel Anda untuk kepentingan verifikasi. Sebuah kode akan dikirimkan ke nomor yang diberikan, dan Anda akan perlu memasukkan kode itu untuk verifikasi melalui aplikasi browser Android Anda.

Bagaimana Cara Membuat Blog Melalui Android 2

4. Setelah proses pembuatan dan verifikasi akun baru beres, Anda akan dialihkan ke halaman beranda akun Blogger Anda.

Bagaimana Cara Membuat Blog Melalui Android 3

5. Untuk membuat blog baru, klik tombol Buat Baru.

6. Anda akan diminta untuk memasukkan judul blog Anda, beserta alamat URL yang Anda kehendaki dan template blog tersebut. Anda harus memasukkan nama blog dan alamat URL yang unik, berbeda dengan blog-blog lain yang sudah lebih dulu didaftarkan ke internet. Jika sudah, klik tombol Buat Blog. Beres! Blog Anda sudah dibuat.

Baca Juga :  Apa itu Pop Up?

Bagaimana Cara Membuat Blog Melalui Android 4

Tidak sulit, bukan? Anda juga bisa membuat blog di platform lain, semisal WordPress, melalui Android dengan cara serupa, yakni melalui aplikasi browser Android yang handal.

Bagaimana mengembangkan blog tersebut secara reguler dan praktis melalui Android?
Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk meng-update konten blog Anda lewat Android.

Cara 1 : Gunakan aplikasi blogging yang sesuai

Bagaimana Cara Membuat Blog Melalui Android 5
Kabar gembira bagi kita semua, kini ada berbagai aplikasi blogging di sistem operasi Android yang dirancang secara khusus agar dapat digunakan sebagai media manajemen blog yang mobile. Jika blog Anda berbasis di Blogger, Anda bisa mengunduh aplikasi Blogger. Pengguna WordPress bisa menggunakan aplikasi WordPress. Aplikasi-aplikasi semacam ini amat praktis, sebab telah dilengkapi dengan berbagai fitur mumpuni untuk membuat konten post atau page. Anda bahkan juga bisa mengatur desain format post atau page yang hendak Anda publikasikan, dan tersedia pula beberapa fitur penyuntingan gambar.

Cara 2 : Untuk pengguna Blogger, Anda cukup kirim email
Bila Anda pengguna Blogger dan ingin dimudahkan dengan tidak perlu memasang aplikasi-aplikasi tambahan, Anda beruntung, sebab Blogger memungkinkan Anda untuk membuat post baru hanya dengan mengirimkan email. Beberapa platform lain pun menawarkan kemampuan yang serupa. Bagaimana caranya?

1. Buka akun Blogger Anda, kemudian buka pengaturan dari blog yang hendak Anda tangani via Android. Cari bagian di Blogging Preferences.

2. Cari bagian Email atau Email and Mobile. Masukkan alamat email yang hendak Anda gunakan untuk publish konten blog tersebut.

3. Simpan pengaturan yang telah Anda buat.

Sekarang, setiap kali Anda mengirimkan email kepada alamat email yang Anda berikan di langkah kedua, email tersebut akan diterjemahkan menjadi post baru di blog Anda. Judul atau subyek email akan menjadi judul post, sementara badan email akan menjadi konten post tersebut.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part