Seputar Tekno

Bagaimana Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)?

VPN atau Virtual Private Network, yaitu sebuah koneksi private yang melalui jaringan publik (internet). Virtual Network adalah jaringan yang terjadi yang sifatnya hanya virtual, artinya tidak terdapat koneksi jaringan yang bersifat nyata atau real antara dua titik yang akan saling berhubungan. Sedangkan ‘private’ berarti jaringannya bersifat pribadi, tidak semua orang mampu mengaksesnya. Data yang dikirimkan pun terenkripsi sehingga bersifat rahasia walaupun melalui jaringan publik.

Bagaimana Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

Dengan VPN ini, kita seakan menciptakan jaringan di dalam sebuah jaringan. Biasanya disebut dengan ‘tunnel‘ (terowongan). Tunneling adalah cara membuat jalur privat yang menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN sendiri menggunakan salah satu dari 3 teknologi tunneling yang ada, yakni PPPT, L2TP, dan IPSec (Internet Protocol Security). VPN adalah kolaborasi dari teknologi tunneling dengan enkripsi.

Berikut kami berikan gambaran koneksi VPN menggunakan protokol PPTP Point to Point Protocol (PPP) melewati jaringan IP, dengan membuat Virtual Private Network.

Cara Kerja VPN

Bagaimana Cara Kerja VPN (Virtual Private Network) 1

• VPN memerlukan server yang memiliki fungsi sebagai penghubung antar PC. Anda dapat menggunakan komputer yang telah menggunakan aplikasi VPN Server. Anda juga dapat menggunakan sebuah Router seperti MikroTik RB 750.

Artikel menarik:  11 Aplikasi Android Pengusir Nyamuk

• Komputer dengan aplikasi VPN Client menghubungi Server VPN sebagai awal dari koneksi. Kemudian VPN Server akan memverifikasi username serta password. Jika berhasil, maka VPN Server akan memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi/tunnel pun akan terbentuk.

• Berikutnya, komputer client sudah dapat digunakan untuk mengakses berbagai resources (komputer ataupun LAN) yang berada dibelakang VPN Server, misalnya melakukan transfer data, print dokumen, browsing dengan gateway yang diberikanl dari VPN Server, melakukan remote dekstop, dan juga yang lainnya.

Ilustrasi…
internet <—> VPN Server <—-> VPN Client <—-> Client

Jika digunakan untuk menghubungkan 2 komputer secara private dengan jaringan internet maka akan jadi seperti ini:
Komputer A <—> VPN Clinet <—> Internet <—> VPN Server <—> VPN Client <—> Komputer B.

Semua koneksi akan diatur oleh VPN Server. Jadi sangat dibutuhkan kemampuan VPN Server yang memadai sehingga koneksinya dapat berjalan dengan sangat lancar.

Semoga bermanfaat!