Apple Watch 3 dengan fitur LTE Bakal Rilis?

Kabar terbaru dari Apple kian tersebar di seluruh pelosok dunia. Pabrikan raksasa ini berencana merilis Apple Watch series 3 yang mengusung fitur 4G LTE yang berarti penggunanya tidak perlu mengandalkan iPhone lagi untuk melakukan tugas seperti panggilan, pesan, dan sebagainya. Rumornya, jam tangan canggih ini akan debut di samping iPhone 8 pada bulan September 2017 ataupun di undur hingga tahun 2018 mendatang.

Apple Watch 3 dengan fitur LTE Bakal Rilis

Ketergantungan Apple Watch series ketiga ini terhadap keberadaan iPhone sepertinya akan semakin berkurang berkat adanya dukungan modem LTE terintegrasi. Fitur ini membuatnya terhubung langsung ke jaringan seluler tanpa perlu melalui iPhone terlebih dahulu. Sebelumnya, Apple juga menambahkan fungsi GPS ke perangkat Watch generasi kedua.

Pembaruan ini tentunya menjadi terobosan besar bagi keberadaan Apple Watch, mengingat sebelumnya belum ada generasi jam pintar dari Apple itu yang mempunyai dukungan tersebut. Bahkan, untuk melakukan tugas sepele seperti pesan teks, streaming musik, membuat panggilan, dan sebagainya, hanya bisa dilakukan jika perangkat Apple Watch terhubung ke handset iPhone melalui Bluetooh.

Dukungan chip LTE built-in pada Apple Watch 3 ini membuat Apple siap menandingi model seluler atau non-seluler dengan banyak fungsi yang hampir sama, tanpa perlu bergantung pada iPhone. Selain menguntungkan Apple dan pelanggannya, namun terobosan Apple Watch 3 ini juga akan menguntungkan pihak Intel yang kabarnya sudah menandatangani kontrak untuk memasok modem LTE ke Apple.

Artikel berhubungan:  Music Hub Samsung Akan Segera Ditutup!

Namun sayangnya, masih banyak hal misterius seputar Apple Watch 3 edisi 4G LTE tersebut. Mungkin saja ketika di rilis nanti, vendor asal Amerika Serikat ini justru membuat dua varian yaitu tanpa koneksi seluler dan yang mempunyai koneksi seluler 4G LTE. Dan kabarnya pula, Apple Watch yang mempunyai koneksi 4G LTE ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Ada pula kemungkinan jika Apple Watch 3 itu membutuhkan paket data khusus dan masih harus dipakai berdampingan dengan iPhone untuk menjalankan beberapa fungsinya. Bukan hanya itu, dengan tambahan fitur 4G LTE, bisa jadi Apple Watch 3 akan mengalami masalah ketahanan baterai. Di masa sekarang pun, kebanyakan baterai arloji pintar yang beredar di pasaran hanya bisa bertahan hidup selama seharian penuh.